[JUG-Indonesia] Indo Java Podcast #2

2010-08-31 Terurut Topik Ifnu bima
Dear All,

Episode kedua indo java podcast udah bisa didownload di sini

http://indo-java-podcast.googlecode.com/files/indo-java-podcast%232.mp3

;)

-- 
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Tanya Print dengan LX-300

2010-08-30 Terurut Topik Ifnu bima
> jadi yg saya lakukan harus mengubah dulu data yg mau saya cetak ke text ?

ya, biasanya kalau print ke text agar gampang membuat text yang akan
diprint, saya pake velocity template. Nggak terlalu susah sih, tinggal
buat templatenya, kemudian masukkan variable yang dibutuhkan dan
jadilah text-nya.

> hmm yg bingung kenapa kasus pada posisi landscape tidak berhasil cetaknya..
> tetapi kalau portrait dia berhasil cetak dengan jelas..
> mungkin bisa minta penjelasan sedikit kenapa itu terjadi..

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, java printing itu image print,
bukan text print. Kalau pas portrait LX bisa menghandle image printing
dengan baik, tapi karena jadi landscape LX nggak bisa mengenali image
dengan baik, jadinya burem seperti itu. Ada kalanya kasus seperti ini
bisa diatasi dengan upgrade driver, tapi kalau update driver nggak
memungkinkan ya terpaksa harus text printing / Direct print

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Tanya Print dengan LX-300

2010-08-30 Terurut Topik Ifnu bima
> Mau tanya masalah tentang print di LX-300
> saya ada kasus wkt print dengan kertas posisi portrait... tulisan baik2 saja..
> trs saya wkt print dengan kertas posisi landscape tulisan jadi buram sekali 
> hampir tidak kebaca sama sekali
> apa ada settingan nya di printernya ? atau di codingnya ?
> saya pakai ireport 3.0 utk buat reportnya...

Perlu diketahui kalau print dari java maka proses print ke printer
menggunakan image printing, makanya kalau ngeprint langsung dari java
ke dot matrix hasilnya nggak maksimal. kalau mau maksimal harus pake
printing native, yang diprint adalah text. Di linux bisa pake kirim
string yang mau diprint ke /dev printer-nya. Begitu juga di windows.
Teknik ini disebut direct printing, dan menurut saya wajib digunakan
ketika ngeprint ke dotmatrix, kalau dari java biasanya memang repot
begitu.

--
http://ifnubima.org

regards


[JUG-Indonesia] indo java podcast #1

2010-08-22 Terurut Topik Ifnu bima
dear all,

akhirnya kesampean juga bikin podcast java, silahkan didownload
podcastnya dari indo-java-podcast.googlecode.com

http://code.google.com/p/indo-java-podcast/downloads/detail?name=indo-java-podcast%231.mp3


kritik, saran dan pertanyaanya ditunggu.


-- 
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: [wta]:Mengcompile file java .war

2010-08-13 Terurut Topik Ifnu bima
> Apakah dengan rename extention file saja dapat merubah dari ear ke war? Atau 
> harus compile dengan compiler yg berbeda?
> Atau tidak akan bisa karena secara design emang berbeda total?

Ear, war dan Jar itu nggak ada hubunganya sama kompilasi. Ketiganya
adalah packaging dalam java, arti harfiahnya: zip file.

Jar(java archive) itu zip file yang isinya class. Jar bisa executable
dengan menambahkan konfigurasi didalam manifest file yang diletakkan
di folder META-INF dari file jar tersebut. Executable juga tergantung
dari instalasi jre-nya + konfigurasi di OS, apakah OS bisa mengenali
tipe file jar sebagai file yang dieksekusi dengan memanggil java.exe ?
biasanya instalasi di windows dan ubuntu apt-get sudah bisa
memperlakukan jar sebagai executable file. Jadi syaratnya ada 2 :
manifest file dan konfigurasi jre di OS

war (web archive) itu zip file yang isinya jar + html + jsp + semua
file-file yang dibutuhkan untuk aplikasi web. War bisa dideploy /
dijalankan di application server yang tergolong sebagai servlet
container seperti tomcat, jboss, glassfish, websphere, web logic dan
kroco-kroconya.  War ga bisa executable seperti halnya file .php yang
gak executable, perlu ada application server untuk menjalankan war.

Ear(Enterprise Archive) itu zip file yang berisi jar dan war. War dah
diterangkan di atas, sedangkan jar yang bisa masukkan dalam Ear ada 2
jenis : jar library bisa dan ejb-jar. Ear bisa dideploy di application
server yang tergolong sebagai EJB container seperti Glassfish, jboss,
weblogic dan websphere. Tomcat tidak bisa mendeploy ear karena hanya
servlet container saja bukan Ejb Container.

Cara membuat 3 archive tersebut bisa dengan beberapa cara, yang umum
adalah menggunakan ant. Netbeans menggunakan ant untuk melakukan semua
proses build dari source code hingga menjadi berbagai macam archive
diatas, tergantung jenis projectnya. Kalau pake eclipse harus ada
plugin atau menulis ant build script secara manual. Jangan salah lho,
cuma di indonesia aja kayaknya orang mau instant klik kanan di project
trus run application :)). Di dunia lain yang pada gak kenal NetBeans,
rata-rata bikin ant build sendiri untuk melalukan semua kerjaan ini.
:D

Akhir-akhir ini muncul build tools yang jauh lebih canggih dari ant
seperti maven2, ivy dan gradle. Jadi pilihanya jadi bermacam-macam dan
jauh lebih banyak fasilitasnya dibanding ant.

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: commentary welcomed

2010-08-13 Terurut Topik Ifnu bima
> rencana nya emang gitu, dan saya sedikit terinspirasi ama hackerspace. tapi 
> saat ini belum pasang merk dulu takut gagal.
>
> faktor lain kalau pake merk kampus takutnya jadi ekslusif karena kalau bagus 
> dan berjalan baik saya mau bawa keluar dari kampus dan bisa melibatkan anak 
> SMK dsj
>
> kalau ada yang mau bantu silahkan.

Bagus kalau mereknya hackerspace gitu tapi supported by university
merek tertentu. Kegiatanya sendiri netral, tapi sponsornya ada ;).
Gitu kan ya yang bagus? lebih baik lagi kalau ada added value semacam
inkubator seperti Y combintor, dengan melibatkan langsung dunia bisnis
+ komunitasnya, seperti #startupLokal dan #fowab ;). Synergi dari
banyak orang begini lebih bikin ekosistem berkembang, tapi jangan lupa
untuk bikin SOP dan aturan yang cukup mengikat agar tidak chaos tapi
juga tidak terlalu ketat jadinya kayak bank :)).

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: commentary welcomed

2010-08-13 Terurut Topik Ifnu bima
> sementara ini saya mejeng, di kampus, terus menyediakan waktu untuk anak2 
> yang mau belajar bikin web atau aplikasi.
> terus saya siapkan hosting gratis.
> terus saya bikin traning gratis dengan topik yang diinginkan anak2.
> juga saya siapkan tempat (cukup buat 10 orang) untuk 
> bekerja/belajar/ngumpul2. rencananya ada koneksi internet 2Mbps, tapi belum 
> nemu provider yang cocok. pinginnya ditempat itu saya sediakan juga 
> dispenser, kulkas, microwave, samsak tinju, dan meja bilyard. tapi yang 3 
> terakhir kayanya bakal tentang para bos, maklum para bos dikampus gak gaul 
> dan gak pernah main ke workshopnya microsoft ama google.


Wah harus dibungkus dengan rapi biar kelihatan membanggakan buat
kampusnya, misalnya dibuat mirip-mirip jadi incubator dan kasih nama
tempatnya jadi hackerspace http://hackerspace.sg/ ;))

trus sekalian undang temen2 dari #startupLokal #fowab atau #bancakan
maen-maen ke sana, :D biar jadi rame dan ada tujuan jelas. Setiap
anggota di dalamnya dipartnerkan untuk bisa bikin konsep + prototype
aplikasi :D, kalau berhasil kan nama univnya juga terangkat :D


--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] [ASK] Ejb 3.0 apa Spring ya?

2010-08-13 Terurut Topik Ifnu bima
yang perlu dicluster: http session dan sessionfactory punya hibernate.

sam, kl pake terracota bisa cluster spring plus appservernya gak?

misalnya spring jalan di tomcat, terracota akan cluster http session
dan sessionfactory sekaligus ga ya? apa harus satu-satu?

kalau simpen state di static method, terracota bisa replicate jg ga
ya? ada yg punya pengalaman cluster spring-hibernate-tomcat pake
terracota? ada yg pernah cluster ejb3 sama glassfish?

disini gw pake weblogic-spring-ibatis, larena pake ibatis jadi
clustering cuma di http session aja, ibatisnya gak perlu, cachenya
pake ehcache dan kayaknya bisa dicluster di weblogic. tp ini masih
blom jelas gw, urusan ginian yg ngurusi bakian infra, gw cm coding
doank.

-- 
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] OOT - Tanya Cara "Ngomong" Dengan Web Server

2010-08-10 Terurut Topik Ifnu bima
dites dulu performancenya, jangan pake asumsi ;)

class itu udah ada di jdk, dan gw pribadi yakin yg bikin jdk ratusan
kali lebih jago dan pengalaman dr gw, trus kodenya dah dipake jutaan
kali tanpa complain yg berarti. bahkan kode yg sama dipake aplikasi
java me yg resourcenya kecil, di black berry sdk jg xaranya sama

-- 
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: Masa Depan Developer Java

2010-08-10 Terurut Topik Ifnu bima
> Gini aja misalnya saat ini ada seorang business analis handal, di awal karier 
> nya dia seorang programmer java yg handal juga (jaman java 2), tapi seiring 
> waktu, pekerjaan dia semakin terfokus untuk jadi seorang business analis, 
> akibatnya kehandalan dia sebagai programmer java keteteran, dia cukup paham 
> spring sekilas aja, paham hibernate sekilas aja. hanya cukup tau saja kalo 
> hasil design dia bisa diimplementasikan pake spring+hibernate.
>
> sekarang ada seorang fresh graduated java programmer, dia pake java 6, dia 
> paham betul spring itu apa, hibernate itu apa. tau cara make yg bener kaya 
> gimana, dia paham betul gimana mengimplementasikan design/UML dokumen dari si 
> business analis jadi sebuah kode yg efektif.
> Apa yg kaya gini wajar dihargain 'jauh' lebih murah dari si business analis? 
> (sekali lagi diluar itung2an masa kerja)

Perbedaan antara experienced dan fresh grad di sisi nulis kode
sepertinya nggak begitu spektakuler, misalnya bikin Dao atau Service
paling experienced programmer 2 sampai 3x lebih cepet codingnya. Tapi,
experienced programmer yg ditulis semuanya kode yang worthed to
production, sedangkan freshgrad setengah kode setengah bug :D.
Perbedaan signifikan justru terletak di waktu yang dibutuhkan untuk
meresolve bug / error, fresh grad kalau ketemu error yang agak rumit
bisa 2-3 hari belum juga kelar, sedangkan experienced programmer
bisa-bisa cuma ngelirik kodenya dah solve masalahnya :D, alias
kecepatan solve errornya bisa ratusan kali lebih cepet.

Apalagi experience programmer + Ngerti bussiness domain vs Fresh grad,
:D. Justru kalau orang berpengalaman masih harus coding, yang rugi
perusahaanya, daripada coding experienced person seperti ini harusnya
berfokus di mentoring, training, code review, dan riset untuk membuat
project template.

Pertimbangan lain adalah kematangan mental dan etika kerja, kalau lagi
di kantor si fresh grad masih chatting ke sana kemari tebar pesona,
experienced programmer 100% fokus kerja karena chatting sama cewe2
atau temen itu sudah tidak terlalu menarik lagi. Justru menyelesaikan
pekerjaan dan membuat project jadi berhasil lebih menyenangkan
daripada sekedar chit-chat kesana kemari. :D. Pengalaman itu tidak
bisa digantikan dengan kecerdasan atau skill apapun. Proven is waaay
more worthed than just fancy ;).

Faktor yang freshgrad nggak ngeh biasanya adalah keluarga, seseorang
di umur 30-an keatas biasanya sudah mempunyai keluarga dengan segunung
tanggungan, mulai dari sekolah anak, nafkah istri, cicilan rumah,
cicilan mobil dst dst. Jadi memang sepantasnya mendapatkan gaji besar,
kalau sampai gajinya masih kecil-kecil saja ya repot bagi-bagi
budgetnya.

> Analogi simple-nya gini:
>
> Business analyst = martin fowler;
> Efektif programmer = bruce eckels;
> martin fowler > bruce eckels ?

Ini analoginya salah kalau lihat cerita diatas. Yang bener tuh martin
fowler vs saya misalnya :)). Ya mana mau perusahaan ngasih gaji
mirip-mirip saya dengan martin fowler :P. Atau mana mau martin fowler
digaji mirip2 saya :P.

Kalau bruce eckels vs martin sih ya sama aja, levelnya setara.

Saya rasa role bussiness analyst nggak semudah programmer untuk dapat
kerjaan, karena spesialiasinya cukup spesifik, dan lapangan kerjaan
yang tersedia pun nggak sebanyak programmer, dari sisi job security BA
lebih rentan dibanding programmer.

Dari sisi perusahaan, peran kedua role ini sama pentingnya. Cuman
peran programmer lebih gampang direplace sama orang yang lebih mudah
dan punya energi tinggi lembur-lembur, jadi dari sisi bergaining malah
programmer lebih lemah dari BA. :D. Ini yang buat BA nego gaji lebih
mudah dibanding programmer.

Di tempat kerja saya sih, BA itu tanggung jawabnya gede banged, kalau
sampe salah asumsi dan bikin Functional Spec / System Requirement
Specification-nya asal-asalan bisa berabe. Kalau programmer bikin
kesalahan coding, masih ada temen atau tester yang bisa mengcover.

Kedua role punya karakteristik unique, asal bisa punya skill yang
bagus dari kedua role itu, duit menyusul kok, gak merasa cukup
dihargai di negeri sendiri, ya bisa jadi TKI, cuman kalau bussiness
analyst agak susah ya, kendala utama ya pasti masalah bahasa, karena
BA harus ngomong terus kesana kemari.


--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] OOT - Tanya Cara "Ngomong" Dengan Web Server

2010-08-10 Terurut Topik Ifnu bima
> rekan2 ada yang tau gmana caranya ngomong dengan web server?
> Misalnya saya punya web www.kodok.com/sub1/page1.html
>
> gmana cara manggilnya kalo pake soket manual?

Pake HttpConnection, definisikan urlnya kemudian panggil menggunakan
socket. Di java ini udah ada classnya tinggal make aja

String url = "www.kodok.com/sub1/page1.html";

conn = (HttpConnection)Connector.open(url, Connector.READ_WRITE);
if (conn.getResponseCode( ) == HttpConnection.HTTP_OK) {
  is = conn.openInputStream( );
  final int MAX_LENGTH = 128;
  byte[] buf = new byte[MAX_LENGTH];
  int total = 0;
  while (total < MAX_LENGTH) {
int count = is.read(buf, total, MAX_LENGTH - total);
if (count < 0) {
  break;
}
total += count;
  }
  is.close( );
  String reply = new String(buf, 0, total);
}

String reply ini akan berisi semua html yang dihasilkan (response)
dari Url. Kalau mau ngirim parameter get tinggal tambahkan ke urlnya.

String url = "www.kodok.com/sub1/page1.html?param1=abc¶m2=cde¶m3=def";

Kalau mau memanggil Post agak sedikit ribet, lengkapnya bisa dilihat dari sini :

http://developers.sun.com/mobility/midp/ttips/HTTPPost/

Kalau udah biasa coding Java ME, HttpConnection ini menjadi makanan wajib ;)



> string2 apa yang mesti dikirim?
> ada dokumen/artikel sample nya?
> Cari2 di gugel ga ketemu yang dimaksud
>
> makasih
>
> 


--
http://ifnubima.org

regards





Buktikan Anda peduli pendidikan Indonesia.
Dukung Kurikulum SMK berJava.. kirimkan surat resmi perusahaan dukungan ke 
moderator JUG. 
===

Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke 
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com.

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
jug-indonesia-dig...@yahoogroups.com 
jug-indonesia-fullfeatu...@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/



Re: [JUG-Indonesia] Re: Java untuk anak dan pemula

2010-08-09 Terurut Topik Ifnu bima
> tapi karena mulai agak kabur diskusinya, bisa egak difokuskan pada dua point 
> berikut:
> apa yang harus di ajarin?
> bagaimana cara ngajarinnya?

Ada program dari diknas yang frans juga terlibat di dalamnya, namanya
JENI. Materinya sudah lengkap dari dasar sampe ke framework. Materinya
bisa didownload dari sini.

http://space.meruvian.org/jeni

Untuk tambahan materi tugas satu semester bisa menggunakan contoh kode saya di :

project-template.googlecode.com

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Java untuk anak dan pemula

2010-08-09 Terurut Topik Ifnu bima
> Enaknya berhubungan dengan SMK, kita bisa masukin materi2 praktikal
> yang banyak kampus 'gengsi' untuk memasukkannya.
> Alasan klasiknya, kami di S1 mengajarkan konsep, kami bukan kursusan,
> dan whatever b***s**t lainnya
> yang jadi pembenaran untuk tidak membuat lulusannya siap kerja.
>
> Mendingan menghasilkan tukang jahit yang beneran bisa kerja daripada
> 'pengennya' menghasilkan desainer pakaian
> tapi akhirnya jahit gak bisa, desain apalagi makin gak bisa.

Ada yang suka nonton project runnaway?
http://en.wikipedia.org/wiki/Project_Runway. Ini adalah reality show
kontest designer di hollywood sono. Nah adakah disini yang
membayangkan bentuk dari kontes ini adalah bagus-bagusan bikin design
di kertas seperti yang dibayangkan anak-anak kecil tentang fashion
designer?

Well itu salah besar, di kontes tersebut nggambar-nggambar design baju
di kertas cuma sekedar tahap awal untuk mencurahkan ide, seperti kita
programmer menggambar ERD/UML atau what ever dokumentasi yang ditulis.
Yang dinilai juri adalah baju hasil akhir karya kontestan yang
dikenakan peragawati beneran diatas catwalk.

Analogi diatas bisa dengan jelas menggambarkan kesalahan konyol sistem
pendidikan IT di kampus-kampus, alasan "kita ga mau jadi penghasil
tukang jait" cukup jelas kalau menggunakan project runnaway diatas.
Kenapa? karena project runnaway itu adalah kontes fashion designer,
jelas kan ini kontes designer, tapi siapa yang menjait bajunya sampai
jadi? ya designer-designer ini. Apa yang dinilai? ya hasil aktual
bajunya.

Ketika kampus hanya bisa menghasilkan mahasiswa dengan portofolio cuma
selembar ijasah tanpa skill membuat aplikasi, saya kira ada yang salah
dari sini :(. Seharusnya yang dinilai adalah kemampuan lulusanya untuk
mendesign, mendevelop dan memastikan aplikasi yang dibuat bisa
digunakan dengan baik.

Saya sangat yakin para dosen yang ikut nimbrung di JUG ini sudah
melakukan tugasnya dengan hebat. Tinggal gimana menularkan semangat
dan pemahaman seperti ini ke khalayak yang lebih luas. Bahwa, tujuan
utama pendidikan dikampus adalah membekali siswanya dengan ketrampilan
memadai untuk mendapatkan pekerjaan yang saaangat layak.

Permasalahan ini sepertinya tidak muncul di universitas besar seperti
UI dan ITB, karena input mahasiswanya sangat cukup bagus untuk
menyadari apa yang harus mereka kerjakan dan pelajari selama di bangku
kuliah. Diajari atau tidak oleh dosenya nggak masalah, mereka bisa
belajar otodidak sendiri. Nah yang jadi concern adalah univ lain
diluar PTN atau PTS favorit, dimana mahasiswanya masih perlu banyak
bimbingan dan arahan, kalau dari dosen dan kurikulum nggak mendukung,
ya susahnya minta ampun untuk menghasilkan lulusan yang bagus.

Saya juga berharap iklim bisnis di IT, terutama gov project mejadi
lebih baik ke depanya, jadi kompetisi berdasarkan prestasi bisa
berlangsung fair. Antar satu vendor dengan vendor lain saingan untuk
bikin aplikasi yang bagus dan usable. Nggak saingan menggalang
dukungan dari orang dalam dan kekuasaan. Saya naif sekali dengan hal
ini, saya tahu, tapi saya nggak berhenti berharap :D.

Dan buat mahasiswa di sini, kalau mau ngadain acara kampus, saya
bersedia dengan senang hati mengisi acaranya, berbagi pengalaman
bagaimana seharusnya mahasiswa mengisi waktu yang puaaanjang selama 4
tahun itu dengan kegiatan bermanfaat. Beberapa kali saya mengisi acara
di kampus alamamater saya sendiri, dan sekali ke Binus. Materi yang
seru biasanya tentang bagaimana membina skill agar dapat menapak karir
di IT yang bagus:

http://ifnubima.org/10-hal-yang-harus-dilakukan-mahasiswa-komputer-sebelum-lulus-2/

Atau mau bawain materi java juga oke. Sharing ini pure berbagi, nggak
ada motivasi cari untung sama sekali, 95% saya ngisi materi nggak
pernah dibayar dan gak minta bayaran ;).


--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Java untuk anak dan pemula

2010-08-07 Terurut Topik Ifnu bima
> Hi Ifnu,

Halo pak feris. ;)

> Very nice share malam-malam begini. Sudah lama saya cenderung agak malas 
> membahas hal-hal seperti ini... terlebih saya sendiri banyak juga melakukan 
> mismanajemen terhadap berbagai project di masa lalu jadi merasa tidak pantas 
> untuk share.

Aduh jadi maluu ;)). Wah pak feris ini merendah sekali, pentaho-id nya
superb loh, dari semua milis teknical yang saya ikutin pentahoo-id
yang paling favorit deh, sharingnya mantab, orangnya nice, dan yang
pada bantu newbie cukup rela menyisihkan berjam-jam waktunya untuk
menjawab. Nggak seperti dimari yang kadang-kadang malah dibash :D.
Kudo's buat pak feris. ;)

> Tapi setelah saya pikir, tidak ada salahnya saya coba mengeluarkan sedikit 
> analisa saya. Berikut adalah share saya...
> Terdengar klise tapi ya... peran komunikasi, koneksi dan kepemimpinan sangat 
> penting bagi terciptanya kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa !

nggak bisa lebih setuju lagi deh ;).

> Jadi apakah memang banyak dibutuhkan pihak-pihak ketiga tersebut yang mampu 
> menciptakan kemajuan dengan menyediakan link antara "sumber daya manusia" dan 
> "industri" ?

ya, justru saya melihat sepertinya industri yang harus bergerak
terlebih dahulu untuk membuka komunikasi dengan kampus tentang
kebutuhan tenaga kerja mereka. Sayangnya, kadang-kadang pihak
kampusnya tidak bisa menanggapi dengan antusias, entahlah kenapa,
masih jadi misteri buat saya. Kalau di almamater saya sih sepertinya
cuma masalah ego aja. :D. Nah kalau SMK itu berbeda, guru dan pengurus
sekolahnya sangat antusias menanggapi. Kenapa? karena mereka sangat
concern dengan masa depan lulusanya, kalau ndak ditolong dan
disalurkan ke industri, kemungkinan besar siswa SMK ini akan jadi
pegawai toko kalau beruntung, kalau ndak ya seperti cerita-cerita
horor dari frans tuh.

Kita di artivisi malah sedang gandrung-gandrungnya merekrut siswa
siswa SMK, kalau beruntung bisa dapet berlian yang luar biasa. :D.
Saya lihat beberapa teman-teman lain juga mulai melirik SMK, rekan
saya di IBM indonesia juga mulai melirik ke sana. ;).

> Saya adalah salah satu orang yang sangat percaya hal demikian ! Untuk kasus 
> Indonesia sendiri, menurut saya kita tidak cukup banyak distribusi orang / 
> pihak-pihak seperti itu .

Setuju dengan ini. Gimana kalau rekan-rekan jug yang sudah punya
decission making di companynya mulai mewacanakan industry give back ke
kampus? ;) setidaknya memberikan requirement apa saja yang dibutuhkan
oleh industri ke kampus, setidaknya itu yang doable yah.

> Jadi bagaimana dengan Indonesia ?
> Jawaban saya tetap jumlah distribusi orang berbakat dan berjiwa pemimpin 
> sebagai pendorong tidak cukup banyak. Jika bicara angka, dengan 230 juta 
> penduduk Indonesia katakanlah kita memiliki seorang seperti Bung Ifnu untuk 
> 10,000 penduduk Indonesia, maka dibutuhkan 23,000 orang lagi. Apakah saat ini 
> kita sudah mendapatkan jumlah itu ? Sepertinya belum.
> Jadi siapa yang bisa melakukan "kaderisasi" dan "distribusi" ini ? Pemerintah 
> ? Industri ? LSM ? Guru ? Partai politik ? Lainnya ?

Kita sebagai pribadi bisa kok melakukan hal-hal ini tanpa bertanya
seperti ini ;). Percaya deh, sedikit opini, masukan dan sentilan ke
almamater-almamater masing masing tentang berbagai hal di industri
juga cukup bagus kok, ;). Setidaknya coba deh cari email ketua jurusan
masing-masing, perkenalkan diri kemudian ceritakan pengalaman
masing-masing di industri ke kajur, dan sedikit kasih masukan tentang
apa yang dulu didapat dikampus, dan bagaimana cara memperbaiki kalau
ada yang salah serta meningkatka kualitas kalau sudah baik. Setidaknya
itu berhasil di kasus saya ;).

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Java untuk anak dan pemula

2010-08-07 Terurut Topik Ifnu bima
> Ini gue lg urus client besar yg didatangi perusahaan tiga kaki, jadi 
> politikus iya, dosen iya dan mengaku pengusaha pulak

Hmm, ini sebenernya yang jadi kelemahan utama indonesia untuk maju,
etika bisnisnya belum ada. Orang-orang bisnis, dan orang biasa
semuanya berangkat dari untrusted community, sekumpulang orang-orang
yang susah dipercaya :(. Jadinya mau grow bisnis susahnya minta ampun,
bussiness is about trust, not more not less.

Yang membedakan industri IT kita dengan india ya jelas banged orang
bisnisnya. India itu secara default semua orang pinter ngomong. Ada
yang disertai dengan kemampuan luar biasa, ada juga yang residu. Tapi
dengan kemampuan komunikasi yang bagus, trust bisa dibangun pelan
pelan, dan hasilnya, semua bank besar dunia berpartner dengan
perusahaan-perusahaan raksasa ini untuk membangun development center.
Gw cukup beruntung bisa berada di development center bank gueede dari
jerman, jadi bisa melihat orang-orang kerenya india, bukan yang biasa
kita lihat di indo donk ;). Mereka ini secara komunikasi, SOP, good
governance practice dan communication hebat sekali. Saya di sini
sehari itu bisa ngomong lebih banyak dari seminggu pas kerja di
indonesia, suasana kerja rame sekali dengan orang berdiskusi dan
rapat, nggak ada lebih dari 1/2 jam tanpa saya harus komunikasi dengan
anggota team lain atau malah dengan orang lain dari berbeda tim. Nah
hal-hal seperti ini yang kita ratusan kali ketinggalan jauh.

> Ide kerja boleh juga, tapi ya gitu dapat uang dan mabur

contoh lain dari etika bisnis yang tidak baik.

> Nah org ini yg kudu ditumpas, lo teriak dikamPus lo, kalah bro, gue juga 
> teriak dikampus gue dulu, mubajir

sepertinya lama-lama juga habis lah :( (amiiin). Setidaknya prosentase
jumlah orangnya menurun :D.

> Kita cuman bisa nyumpah
> Sindikat mereka sudah sakti, dari anggaran sampai buat negara ini level 
> pembokat kuat banget bro
> Tapi gerakan jug yg kita jalankan telah suka gak suka membuat mereka marah2 
> tapi gak bisa apa2

no frans :P, kita berbuat banyak kok, hanya dengan berbagi bisa
membuat perbedaan yang signifikan.

> Jadi nunggu aja lah
> Tapi member jug juga tidak cooperative, banyakan yg mau minta dan ngemis 
> daripada kontribusi, jadi busuk juga kan

Whoever they are, saya bisa menjamin, memberi dan berbagi itu ratusan
kali lebih banyak membawa kebaikan bagi kita sendiri. Selain secara
skill dan portofolio, secara batin juga lebih baik, ada perasaan
hangat dan nyaman ketika menyadari banyak orang yang sudah merasa
manfaat dari yang kita kerjakan, perasaan semacam ini nggak bisa
dibeli dengan apapun ;). Ilmu semakin dibagi semakin bertambah
berlipat-lipat. :D

> Ada guru yg marah2 di fb gue, katanya gerakan malaikat kamu itu gak cocok 
> buat bumi yg dipenuhi manusia yg kotor, dimana saya juga gak bisa nolak

Biarkan berlalu frans, maju terus :D

> Kalau sukses, kita bisa jadi menjadi track seperti india

way way way to go, puluhan tahun ngejarnya frans. Di india itu bahasa
persatuanya bahasa inggris, setiap lulusan kuliah di sana bisa ngomong
bahasa inggris secara aktif dan fasih. bahkan di lingkungan kerja di
india, tiap hari komunikasinya pake bahasa inggris. :D. Jadi
freshgradnya aja sudah bisa dikirim ke eropa, amerika, singapura dan
belahan bumi lain sampe ke brazil pula. Lah kita freshgrad bisa apa?
:P

> Apalagi org indonesia yg berdarah maling katanya lebih jujur dari india

secara attitude kita lebih baik kok, tapi kemampuan komunikasi, bisnis
dan trust dari pelaku bisnis yang profesional, hmm sepertinya jauh
banged.

> Anyway ini lg ada yg japri pegawai pt x yg nyambi project di pt y dg produk 
> yg dibuat pt x dimana dia kerja
>
> Dan saya lihat gak tahu malu, bela diri, katanya logika dia diopensourcekan 
> jadi barang pt x dia boleh jual, padahal dibuat team di pt x, katanya hak 
> cipta belum diurus pt x, dan dia ngotot benar, udah di meja hijau padahal

:D speachless.

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Java untuk anak dan pemula

2010-08-07 Terurut Topik Ifnu bima
Hmm, saya baru sadar kenapa IT di india itu maju sekali, ternyata
karena perusahaan ITnya sudah berskala raksasa. Infosys, wipro, Tata
Consulting Services dan HCL itu sudah Billon dollar annual income :O
dengan karyawan puluhan ribu orang, wew. Bandingkan dengan sigma +
Balicamp atau Jatis + Firium group yang sepertinya belum menembus
angka ratusan milyar ataupun ribuan karyawan.

Pendidikan ilmu komputer dan informatika di India benar-benar didrive
dari teknologi, selain itu industri ITnya juga fully support ke kampus
dengan menyumbangkan ratusan juta untuk mendukung pendidikan di
kampus.

Industri IT juga menyadari bahwa lulusan kuliah itu masih belum siap
kerja, sehingga ada batch untuk masa training selama beberapa bulan
sebelum dikirim ke client. Kira-kira 3-6 bulan.

Saya pikir di indonesia justru hubungan antara industri dan kampus
sangat tidak harmonis, ada egoisme masing-masing untuk berdiri di sisi
nyaman masing masing tanpa ada komunikasi yang jelas.

Justri yang saya lihat sekarang hubungan yang harmonis antara industri
dan SMK it yang makin berkembang, frans sudah menyadari bahwa SMK jauh
lebih kooperatif dengan industri dibanding kampus sendiri. Titel dosen
dan akademisi level tinggi sepertinya menjadi halangan, entah egoisme
entah idealisnya entah pula kemalasan belajar yang menghalangi kampus
belajar dari industri.

Saya pernah cukup emosional memprotes almamater saya tidak mau membuka
mata tentang hal ini, tujuan utama orang tua mengirim anaknya ke
kampus adalah memperoleh pendidikan yang baik untuk pada akhirnya
mendapatkan pekerjaan yang layak. Kalau kualitas lulusanya seperti
saya dulu baru keluar dari kampus, ya mau gimana, minta gaji level S1
tapi kemampuan nol besar.

Saya lihat sekarang sudah lebih baik keadaan di kampus saya, ada
semacam usaha dari kampus untuk memeriksa kesiapan mahasiswanya
menghadapi tes-tes wawancara kerja dan memberikan cukup bekal
ketrampilan untuk mendapatkan posisi yang baik di tempat kerja.

Saya lihat sendiri semakin banyak mahasiswa yang mulai terlibat di
milis ini, ya kita sebagai yang sudah malang melintang di industri
sebaiknya mulai membuka mata mereka dan pada akhirnya membuka mata
institusinya agar lebih Industri friendly. Tanggung jawab kampus tidak
semata-mata hanya mengajarkan ilmu-ilmu teori, tapi justru yang paling
penting adalah menambah nilai tambah lulusanya agar dihargai dan di
hormati di dunia Industri.

Saya senang ada beberapa dosen yang mulai bergabung dengan kita di jug
ini, ada hendro ada deny dan pak iman (tolong dosen lain yang belum
disebut namanya, ngacung biar kita-kita juga kenal ;) ). Bagi kita
sebagai sesama programmer atau malah company owner, baik sekali jika
memberi input yang konstruktif, karena kalau sistem pendidikan di
kampus bisa bagus, kita juga yang akan diuntungkan.

Dan buat pak iman, tolong pak jangan putus asa demi masa depan
mahasiswa-mahasiswanya. ;). Mengajarkan OOP dengan java itu sangat
baik, karena dibanding bahasa OOP yang lagi ngetren sekarang ini, java
mempunyai syntax yang paling sederhana. Selain itu industry
acceptancenya luaarrr biasa. Saya setuju dengan ide-nya JENI untuk
mengajarkan game development ke siswanya, karena pada level ini
mahasiswa biasanya tidak mengerti banyak tentang proses bisnis, jadi
bikin aplikasi bisnis sangat tidak menyenangkan :)). Membuat game
justru menyenangkan, bisa dipamer-pamerkan ke teman-teman, apalagi
sekarang ada android development, kampus bisa membuat satu account di
market untuk submit aplikasi-aplikasi buatan siswanya, hal semacam ini
akan merangsang murid-murid cerdas dan punya motivasi tinggi untuk
maju. Nah yang jadi masalah adalah mahasiswa gadungan yang tidak punya
motivasi dan passion yang jelas :D.



--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: OOT: Let's wave goodbye to Google Wave

2010-08-05 Terurut Topik Ifnu bima
Eric schmidt mengindikasikan wave akan dimerge ke produk google lain.
Moga-moga sih gmail, jadi bisa kirim email atau kirim wave dari satu
interface dan satu account ;).

http://gigaom.com/2010/08/05/google-ceo-dishes-on-google-wave-verizon-social-strategy/

Happy imagining ;)


--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Ask pemrograman yng keren selain java

2010-08-03 Terurut Topik Ifnu bima
hmm, pernah coba pake bahasa lain untuk poc? kira2 resourcenya lebih
kecil apa nggak? yang mau diduluin stabilitas apa hemat resource? php
itu hemat resource, tp dengan user sebanyak itu kinerjanya akan drop
dengan cepat dan mulai gak stabil, apalagi ruby, bisa2 lost datanya
beresiko.

parahnya dengan tools profiling yg terbatas dan lofging yg belum
mature, kalau ada masalah malah berabe ngetracenya. selain itu,
alternatif tuningnya jg belum tentu ada, sedangkan java cukup banyak
alternatif tuning.

cb diprofile dl bottlenecknya ada di mana? apakah penyelesaianyaada di
pergantian platform atau malah cukup tambah infrastruktur justru lebih
murah bussiness coatnya dibaning migrasi ke platform lain. barang bisa
dibeli, time to market dan assurance itu ga bisa dihargao dengan uang.

-- 
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Ask pemrograman yng keren selain java

2010-08-03 Terurut Topik Ifnu bima
> tadinya pengen hindarin jvm...:D abis konsumsi resource gede...wkwkwk
> kalo dibandingkan misalnya, dengan ruby atau erlang, gimana yach?
> ada komentar?

Harus balik lagi ke bahasa non virtual machine dan non intepreter,
alias ke C++ atau Erlang. Sebenernya juga harus dilihat-lihat lagi apa
kebutuhanya. Kalau processing kerjaan kecil-kecil dengan jumlah
banyak, bagusan pake intepreter seperti PHP-cli atau rubi atau python
atau bash shell atau TCL atau perl atau bahkan pake javascript yang
jalan di V8 seperti nodeJS. Kalau mau processing kerjaan banyaaak,
handle resource banyaaak, melibatkan data yang besaaar dan
kadang-kadang long running process, sepertinya java lebih bagus karena
memory modelnya mendukung dan dibantuin GC untuk memanage resource.

Jangan lupakan juga dukungan library serta konektor ke resource yang
lain. Kalau cuma parsing string dan harus melayani request-response
yang kecil tanpa perlu dukungan library, misalnya binary processing di
router, sepertinya malah java kewalahan ;)

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Ask pemrograman yng keren selain java

2010-08-03 Terurut Topik Ifnu bima
> Nope nope... I dont think so.

I think so, di Java 7 yang diutamakan itu support for dynamic language
other than java. Java secara bahasa akan terus begitu, so far gw juga
masih nyaman begitu - begitu aja, secara strategic bussiness lebih
valuable kalau java tetap seperti ini. Invest ke people to train them
sampe produktif juga gak seberapa, toh linq dan hal-hal sugar sintax
bisa dikejar produktifitasnya kok. ;).

> Ini yang bikin gw frustrated... terlalu banyak birokrasi di Java... Dah 
> bertahun2 mereka ngomongin closure dan extension method, mo dimasukin ke 
> java7, walopun dah terlambat dibanding bahasa2 laen, tapi nevertheless tetep 
> bikin gw excited, tau2 tetep ajah didrop juga. How frustrating. Ini nih 
> susahnya platform yang didevelop oleh demokratic culture. Terlalu banyak 
> ributnya, tapi gak ada hasilnya. Sejak java 1.5 sampe sekarang, java language 
> sama sekali gak ada improvement ato fitur baru apapun, no matter how small.
> Bahkan katanya, on their current pace, its very unlikely java bisa achieve 
> Linq sebelom 2013.. karna buat achieve linq masih banyak language abilities 
> yg mesti mereka achieve dulu:
> - Closure
> - Extension method
> - Expression tree
> - Property
> - Anonymous class
> - Type inference
> - Object initializer & collection initializer
> - True generics
> - Dynamic (buat Linq ke NoSql database)

Sepertinya bussiness value, mengejar backward compatibility dan
menjaga investasi di sisi people knowledge lebih penting dari sekedar
fancy language. Java sih akan tetep seperti sekarang sampe
bertahun-tahun kemudian, kalau udah besar komunitasnya seperti
sekarang, pergerakanya akan lebih lambat.

Menyadari ini, sun (alm) sepertinya lebih memfokuskan pada dukungan
JVM 7 terhadap:
1. Dynamic language selain java
2. True parrallel processing untuk mendukung multicore
3. Menaikkan kinerja JVM itu sendiri
Saya sepenuhnya setuju sih sama keputusan ini. Ngajarin orang bisa
sampe produktif pake existing java aja bisa bertahun2, apalagi pake
bahasa dengan sintaks yang baru ;) (berdasarkan pengalaman nyata,
bukan asumsi).


--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Ask pemrograman yng keren selain java

2010-08-02 Terurut Topik Ifnu bima
> Minta saran dong,klo bahasa level 3 atw lebih yang 
> transaksional,kinerja,dukungan integrasinya dah terbukti bagus selain java 
> apa yah? Sekarng sy lagi cari pengganti core system dari yng biasanya java.

Pake scala. Denger-denger detik mulai pake ini bahasa :D. Tapi
akhirnya jalan di jvm juga sih.

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Maven dependency conflict

2010-07-30 Terurut Topik Ifnu bima
> Gak ada eror cuman spring gue gak mau baca appcontext aja.
>
> Tapi kalau container sendiri2 gak maslah

Sepertinya Spring mvc dan struts2 masih waras, nggak mau campur sesama
jenis :))

udah frans pake satu aja, kalau mau pake struts2 ya dilanjutkan saja,
nggak perlu maksa pindah kalau belum rela :P

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Maven dependency conflict

2010-07-30 Terurut Topik Ifnu bima
> Ya conflictnya di struts yg pake spring 2.5.6
>
> Yg kita mau spring 3
>
> Kita dah buat tanpa maven sukses
>
> Cuman org apache pake spring yg gak terbaru
>

Pake eclipse bisa kelihatan dependency antar modul, cari yang spring
2.5.6 itu diload sama sapa, trus di exclude di dependencynya.

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Perlu informasi

2010-07-29 Terurut Topik Ifnu bima
> Mau tanya dan sharing saja,apakah kalo kita membuat aplikasi berbasiskan java 
> bs dicopy atau dimodifikasi kepada orang lain?

Bisa, ada tools namanya decompiler yang bisa digunakan untuk membuka
source code dari file .class, bahkan ada plugin eclipse namanya
jadplugin yang menggunakan JAD decompiler, tinggal include jarnya bisa
dibuka semua kode-kodenya.

> Mungkin ada yg punya pengalaman seperti ini mohon petunjuk dan informasi nya.

Agar gak bisa dimodifikasi dengan gampang biasanya class diobfuscate
dengan obfuscator. NetBeans secara default udah ada obfuscatornya,
tinggal centang pilihan compress jar pada waktu build maka class-nya
akan diobfuscate dan kalau didecompile kodenya jadi nggak bisa dibaca
sama manusia. nama fungsi dan class-nya menjadi A, B, C atau _AA,
_A1hsj dan seterusnya.

-- 
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Tanya SpringMVC

2010-07-29 Terurut Topik Ifnu bima
> Lho bisa ya Spring MVC digabung sama Struts2. Itu kan sama2 MVC Framework.
> ehm.. atau mau di paksa pakai url-mapping yang beda.

Ga tau nih frans ada-ada aja :)).

Manfaat digabunginya juga gak ada, choose between that two laah.

--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Teknologi yg mirip ama klikbca kyknya.....

2010-07-28 Terurut Topik Ifnu bima
nyundul thread lama, mau promosi posting di blog baru ;))

http://ifnubima.org/security-device-bagian-1/


--
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] Struts - Velocity

2010-07-28 Terurut Topik Ifnu bima
ada, di netbeans pake visual web pack, tp sepertinya ga ada yg make.

kl bikin ui di web memang hrs diketik manual. visual design ga cukup
fleksibel bikin ui web

-- 
http://ifnubima.org

regards


Re: [JUG-Indonesia] [ask] Audit Trail AOP

2010-07-19 Terurut Topik Ifnu bima
jadi masalahnya sekarang ada di load time weaver? coba baca2 lagi
application server spexific setting agar jalan, app servernya pake
apa? gw dr kemaren configure tomcat aja balum jalan :(

-- 

regards


Re: [JUG-Indonesia] [ask] Audit Trail AOP

2010-07-19 Terurut Topik Ifnu bima
gw pernah bikin aop untuk log, harusnya sama aja sih. yg jd point cut
apa ya? service method atau controller? kalau controller mending bikin
servlet filter kalau service method ya aop satu2nya jalan. aop di web
application sepertinya agak ribet, harus ada setting di application
servernya agar load time weaver bisa jalan, setiap app server beda2
setinganya, ada yg pake java agent ada yang pake semacam class loader
khusus.

cb diterangin lagi gimana aop ini diimplementasikan?

-- 

regards


Re: [JUG-Indonesia] Teknologi yg mirip ama klikbca kyknya.....

2010-07-16 Terurut Topik Ifnu bima
> Actually...
> Banking disini sih semua pake token...
> Cuma di jkt ajah yang aneh kenapa BCA doang yang implement...

Perlu diluruskan nih win, semua banking di jakarta sepertinya pake
token, kecuali BRI.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Teknologi yg mirip ama klikbca kyknya.....

2010-07-12 Terurut Topik Ifnu bima
> Di dc kemarin mostly semua yg datang bawa token rsa

Token RSA securId dipake buat remote desktop password sih. jadi dari
mana aja bisa konek ke jaringan kantor atau malah remote desktop
komputer di kantor, yang keren sih remote desktopnya bisa jalan di
applet loh :)). jadi bisa konek dari mac atau linux. :D

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Teknologi yg mirip ama klikbca kyknya.....

2010-07-12 Terurut Topik Ifnu bima
> kmrn ini gw browsing internet. iseng aja baca2 ttg teknologi apa aja yg lg 
> ngetrend. trus gak sengaja nemu ini. kalo gw baca2 sih spertinya mirip dengan 
> yg dipake ama bca. tp gak tau dhe bener apa gak.

ya mirip token BCA.

> gmn mnrt para senior smuanya?

Transaksi keuangan terutama di banking disyaratkan untuk menggunaka 2
factor authentication (2fa), atau bahasa gampangnya 2 langkah
autentikasi.

Dalam proses authentication ada 3 level, level pertama adalah mengetes
"what you know" di level ini biasanya menggunakan user dan password.
Kemudian level kedua adalah what you have, misalnya kartu ATM. Level
paling kuat adalah what you are, semisal retina mata, sidik jari atau
catatan biometrik.

Kalau transaksi di atm termasuk 2 FA karena harus tau username,
pasword dan harus ada kartu ATM. Untuk transaksi Online seperti di
internet banking atau mobile banking diperlukan alat yang bisa
digunakan sebagai 2FA, yang paling umum adalah one time password
device.

OTP device yang tersedia di pasar sekarang didominasi oleh vasco,
produknya yang paling banyak dipake adalah vasco digipass. Kalau mau
lihat vasco digipass coba lihat token bca dan token internet banking
mandiri. Alat ini sangat canggih karena dilindungi password untuk bisa
menggunakanya. Vasco digipass ada 2 mode : OTP dan Challange Response.
Kalau OTP, vasco digipass akan mengeluarkan angka random 8 digit.
Kalau challange response, aplikasi online akan memunculkan 6 digit
angka kemudian user memasukkan angka itu ke dalam vasco digipass yang
kemudian akan mengeluarkan angka response, user memasukkan angka
response ini ke aplikasi dan disubmit bersama angka challange ke
server untuk di-verify.

Produk lain dari vasco adalah GO6 yang cuma punya satu mode: OTP.
Alatnya juga nggak ada password, cuma ada 1 tombol aja, setip kali
tombol itu dipencet akan mengeluarkan 6 digit password. Nah angka ini
dimasukkan ke user sebagai one time password. Karena alatnya tidak
punya password, maka alat ini harus dikombinasikan dengan user dan
password biasa agar memenuhi kaidah 2FA.

Selain vasco digipass, BCA juga menggunakan ActiveIdenti yang
featurenya sama persis. Kalau bank BRI pake software base OTP, dulu
sih katanya diprint satu kertas penuh password dan selesai digunakan
passwordnya dicoret :D, sekarang agak mendingan pake SMS. Jadi OTPnya
dikirim lewat sms segelondong. :D

Eh ada yang jualan Vasco device di sini?  bisa beli dalam jumlah
sedikit ga? misalnya 10 buah gitu? :D ehehehe mainan seru nih :D

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] set View

2010-07-07 Terurut Topik Ifnu bima
> Kasus rancu Get dan Post, dll seperti ini sebenarnya karena di
> endy.artivisi.com atau di ifnu.artivisi.com belum ada postingan yang
> membahas seperti ini, jadi bingung saya, apakah proses update di
> javascript itu termasuk get, atau post???

bukan salah kami kalau km belum ngerti apa itu HTTP protocol ;)

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Tanya Netbeans Platform dan RCP

2010-07-06 Terurut Topik Ifnu bima
cb pake swing dl, kl ada feature swing yg kurang br lirik2 nb
platform. kl cm aplikasi database msh bagus swing murni, kl bikin uml
editor atau aplikasi lain yg bukan database mungkin nb platform lbh
bagus.

di java rcp ada beberapa, yg paling populer ya eclipse rcp trus nb
platform, cm gw liat sih nb platform milis dan communitynya rame bgt.
spring rcp udah jd yatim piatu, qt jambi jg udah ga disupport lg
denger2

-- 

regards


Re: [JUG-Indonesia] set View

2010-07-06 Terurut Topik Ifnu bima
> Di 1 form, di sana sudah ditangani oleh MultiActionController, jadi
> tidak ada get-get lagi.

hmm harus diperapih lagi masalahnya, gak ada get-get ini maksudnya
apa? Setiap kali ngomongin get, yang terlintas pasti HTTP GET method.
Setiap kali akses ke server, browser jaman sekarang kalau tidak
menggunakah HTTP GET ya HTTP POST.

Semenjak Spring MVC 2.5 MultiActionController sudah tidak dianjurkan
lagi, dianjurkan menggunakan AnnotationController. Jadi kalau ada
contoh menggunakan MultiActionController, kemungkinan besar sudah out
of date.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: OOT: Biaya Hidup di malaysia

2010-07-06 Terurut Topik Ifnu bima
> Mungkin karena orang indonesia (yg masih lugu) ga banyak nuntut macem2, jadi 
> banyak persh sini yg cari orang indonesia.
> Di singapore rate lebih tinggi, tapi living cost juga ga kalah gilanya. 
> Lagian kalo di singapore maennya ke orchard sama sentosa island doang, piss :)

Tiket PP dari KL ke jakarta berapa? di singapore lion bisa cuma SGD
90-an PP, jadi pulang ke jakarta tiap bulan masih bisa. :D. Biaya
hidup gede cuma di sewa rumah, makan dan lainya masih ga jauh dari
jakarta kok . :)

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Cara ngecek Struktur java

2010-07-06 Terurut Topik Ifnu bima
> ok mas ntar erna kirim

hmm sebaiknya km pake Antlr deh, kalau lexer sama grammar analizernya
coding sendiri bisa mabok ntar


--

regards


Re: [JUG-Indonesia] not-null property references a null or transient value

2010-07-05 Terurut Topik Ifnu bima
mencoba beberapavsaat belum tentu bisa memunculkan masalah sebenernya,
hrs cb dl di beberapa project br bs bilang bgs apa nggak.

On Monday, July 5, 2010, Mudzakkir Toha  wrote:
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>   Konfirmasi:
> Setelah beberapa saat menggunakan jigloo, ternyata lebih enak juga. Utk
> yang ingin GUI Designer silahkan jigloo dicoba.
>
> *Free.
>>
> --
> Kejujuran adalah perhiasan yang paling indah. Dan saya yakin Anda adalah
> salah satu dari orang-orang yang menyukai kejujuran.
>
>
>
>
>
>
>
> 
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

-- 

regards





Buktikan Anda peduli pendidikan Indonesia.
Dukung Kurikulum SMK berJava.. kirimkan surat resmi perusahaan dukungan ke 
moderator JUG. 
===

Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke 
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com.

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
jug-indonesia-dig...@yahoogroups.com 
jug-indonesia-fullfeatu...@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/



Re: [JUG-Indonesia] Cara ngecek Struktur java

2010-07-05 Terurut Topik Ifnu bima
jdnya pake apa? km bikin lexical analyzer sendiri dr  0 ? cb kasih
lihat sudah sampe mana sekarang? lexernya dah ada blm?

On Monday, July 5, 2010, R_na Imoet  wrote:
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>   Iya mas ifnu ...Sorry...tadi gara2 bingung so bahasanya jadi 
> GeJe...Kemarin sempat mau pake itu tapi pas bimbingan , malah ma dosenku g di 
> ijinin,, jadi pake netbean..
>
> 2010/7/5 Ifnu bima 
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>   > begini lo mas... aku kan buat program tentang Lexical analyzer,,, nah 
> itu maunya tidak semua file bisa dianalisis hanya file yang .java aja dan 
> struktur javanya udah bener,,,
>>
>> masalah file yang .java itu udah bisa  tapi yang ngecek struktur javanya itu 
>> aku bingung...
>
>
> Nah gini donk, kalau nanya tuh yang lengkap. Kalau cuma nanya numpang
> lewat ya yang jawab juga asal-asalan. Jadi pake antlr ga nih?
>
> --
>
> regards
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

-- 

regards





Buktikan Anda peduli pendidikan Indonesia.
Dukung Kurikulum SMK berJava.. kirimkan surat resmi perusahaan dukungan ke 
moderator JUG. 
===

Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke 
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com.

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
jug-indonesia-dig...@yahoogroups.com 
jug-indonesia-fullfeatu...@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/



Re: [JUG-Indonesia] tannya lucene (newbe)

2010-07-05 Terurut Topik Ifnu bima
> pake aja LUKE

Maksudmu apa sih ko? jangan one liner nih. Luke ini administrativenya
lucene, ga ada hubunganya sama parsing file untuk diindex sama luncene
seperti tika.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: not-null property references a null or transient value

2010-07-05 Terurut Topik Ifnu bima
> http://groups.google.com/group/project-template
>

itu milisnya, tapi gak aktif.

http://project-template.googlecode.com/



--

regards


Re: [JUG-Indonesia] tannya lucene (newbe)

2010-07-05 Terurut Topik Ifnu bima
> berarti setiap file dalam directory harus dibaca satu persatu isinya

untuk baca file dalam directory pake apache tika :

http://tika.apache.org/

file dalam direktori dibaca textnya kemudian diindex oleh lucene.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Cara ngecek Struktur java

2010-07-05 Terurut Topik Ifnu bima
> begini lo mas... aku kan buat program tentang Lexical analyzer,,, nah itu 
> maunya tidak semua file bisa dianalisis hanya file yang .java aja dan 
> struktur javanya udah bener,,,
>
> masalah file yang .java itu udah bisa  tapi yang ngecek struktur javanya itu 
> aku bingung...

Nah gini donk, kalau nanya tuh yang lengkap. Kalau cuma nanya numpang
lewat ya yang jawab juga asal-asalan. Jadi pake antlr ga nih?

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] not-null property references a null or transient value

2010-07-05 Terurut Topik Ifnu bima
sory ga bs bantu, sy pske swing aja nih, swt susah cr bantuan dan
component, soalnya ga mainstream

On Monday, July 5, 2010, Mudzakkir  wrote:
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>   @ kak Ifnu:
> Maaf saya newbie, apalagi dalam SWT.
> Punya template project yang SWT menggunakan jigloo SWT GUI Builder tidak kak? 
> Saya tadi cobain Jigloo karena di milis jug indonesia kok ada yang menanyakan 
> SWT juga..
> Saya jadi bingung mau belajar Swing atau SWT??? Tadi saya mendesain dengan 
> jiglo kok meleset terus? Jika misalkan di samping label ingin saya tambahkan 
> textfield, malah berada di bawah label.
>
> Kan di sample project SWT yang Client Billing saya lihat code untuk 
> menampilkan textfield di samping label seperti ini:
> Label idLabel = new Label(transInfo, SWT.NONE);
> idLabel.setText("ID:");
> idText = new Text(transInfo, SWT.SINGLE | SWT.BORDER);
> idText.setEditable(false);
>
> Nah sedangkan di jigloo, ternyata membuat GridData baru ketika kita membuat 
> sebuah komponen. Saya sudah mencoba men-crop kode dari sample project Client 
> Billing, persis sama dengan yang di sample application tersebut, dan saya 
> menghapus GridData dari Label dan TextField, sehingga seperti ini:
> pnlAtas = new Group(this, SWT.NONE);
>   GridLayout pnlAtasLayout = new GridLayout();
>   pnlAtasLayout.makeColumnsEqualWidth = true;
>   pnlAtas.setLayout(pnlAtasLayout);
>   FormData pnlAtasLData = new FormData();
>   pnlAtasLData.left =  new FormAttachment(0, 
> 1000, 5);
>   pnlAtasLData.top =  new FormAttachment(0, 1000, 
> 12);
>   pnlAtasLData.width = 396;
>   pnlAtasLData.height = 155;
>   pnlAtas.setLayoutData(pnlAtasLData);
>   pnlAtas.setText("group1");
>   {
> //Ini sudah tanpa Grid Data Baru
>   Label lbLabel = new Label(pnlAtas, 
> SWT.NONE);
>   lbLabel.setText("Nama:");
> //Ini sudah tanpa GridData Baru
>   txtNama = new Text(pnlAtas, SWT.SINGLE 
> | SWT.BORDER);
>   txtNama.setEditable(true);
>   }
>   }
> Nah, hasilnya kok textfield masih berada di bawah label? Apa yang kira-kira 
> salah, ya??
>
>
>
>
>
>
>
> 
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

-- 

regards





Buktikan Anda peduli pendidikan Indonesia.
Dukung Kurikulum SMK berJava.. kirimkan surat resmi perusahaan dukungan ke 
moderator JUG. 
===

Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke 
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com.

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
jug-indonesia-dig...@yahoogroups.com 
jug-indonesia-fullfeatu...@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/



Re: [JUG-Indonesia] Share buku Java Persistence

2010-07-04 Terurut Topik Ifnu bima
> Btw, kenapa ya kadang2 ilmu2 begini dikasi gratis? Padahal kalo dijadiin 
> buku, trus dijual, atau ditrainingkan kan lumayan hehehe..

Mencari penerbit yang mau menerbitkan buku ini gak gampang, proses
editing melelahkan dan akhirnya buku terbit yg tadinya mau
komprehensif jadi disunat sana sini. Saya ga mau seperti itu. (nyoba
ke penerbit aja belum udah suudzon :)) )

> Apa karena udah banyak banget ilmunya trus "ya ud gpplah ini kan cuma 5% dari 
> seluruh yg gw tahu" ato krn pengen sedekah, pengen terkenal, atau ada maksud 
> lain. Bagaimana?

pengen sedekah iya, pengen terkenal tentu saja (banci artis), punya
reputasi iya. Justru dengan banyak berkontribusi seperti ini ilmu saya
nambah, reputasi nambah, manfaat orang lain banyak, jadi dobel2 deh
hasilnya dibanding cuma bikin buku dan dijual ke penerbit.

> Maaf ya mas ifnu (atau yg lainnya), gak ada maksud apa2 nanya begini, hanya 
> saja pengen tahu motivasi yg tepatnya apa kalo kita pengen ngeshare ilmu, 
> atau mgk pertanyanya: yang bagaimana yg mesti kita share, semuanya? Sebagian? 
> Yang ditanyakan saja.

Yang  diikhlaskan saja. Mau share sebagian, semua, gak sama sekali, ya
monggo wae. Kontribusi saya ini masih kecil banged kok dibanding
orang2 opensource lain seperti frans, endy, sam, thomas, rusmanto,
romi satria wahoni, onno w purbo ;), dibandingin yang dalam negeri aja
gak seberapa upilnya apalagi sama yang di luar negeri sono. Saya bisa
hidup dan mencari nafkah dengan memanfaatkan kontribusi mereka ini:
NetBeans, Eclipse hibernate, spring dst dst. Jadi sewajarnya saya
berkontribusi balik, mengikuti semangat copy left ;). Setuju?

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: Mengenai metod yang tidak dipanggil ( newbie)

2010-07-04 Terurut Topik Ifnu bima
> Masalah oop ini membingungkan saya (maklum sebelumnya saya menggunakan 
> fortran). Untuk JPanel() saya bisa mengerti karena ia berupa class akan 
> tetapi ActionListener() bukankah dia ini interface dan bukankah interface itu 
> hanya berisi method abstrak (berdasar buku yang saya baca, tolong koreksi 
> jika salah)?

Lha itu udah diimplementasikan oleh class Board, method dalam
ActionListener cuma satu yaitu action performed.


--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: Share buku Java Persistence

2010-07-04 Terurut Topik Ifnu bima
> gue kasih satu gelas bajigur kalau dah kelar ;)

eheheh gw orang ketiga yang ngasih pengumuman kek gini, dulu sam sama
thomas, tapi sepertinya nggak ada kelanjutan. Moga-moga jadi lucky
number 3 deh :D

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: Share buku Java Persistence

2010-07-04 Terurut Topik Ifnu bima
> wah nice deh...:)
>
> berminat jadi akademisi mas ifnu? hehehe...

Ya, pasti. Setelah punya penghasilan tetap diluar gaji segede gaji
sekarang pasti balik ke kampus ;)

--

regards


[JUG-Indonesia] Share buku Java Persistence

2010-07-04 Terurut Topik Ifnu bima
Dear all,

hari ini lagi nulis buku java, trus nyari2 di internet tentang
hibernate ketemu ini link buku java persistence dari wikibooks.org

http://en.wikibooks.org/wiki/Java_Persistence

nb: bukunya nanti dirilis free lho ;) moga-moga pada sabar nunggu,
udah dapet 122 halaman nih.

-- 

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: set View

2010-07-04 Terurut Topik Ifnu bima
> saya pake Ext-Js

Kalau di ext-js gimana caranya manggil json?

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] not-null property references a null or transient value

2010-07-04 Terurut Topik Ifnu bima
> public void deleteEntityObject(Object obj) {
> Session session =HibernateUtil.getSessionFactory().openSession();
> try {
> session.beginTransaction();
> session.saveOrUpdate(obj);

diatas itu sepertinya kode DAO ya? nama methodnya deleteEntityObject
tapi kok panggil session.saveOrUpdate(obj); ? disengaja atau bagaimana
nih?

hmm, ini udah 2010 sebaiknya mulai belajar Annotation dan tinggalkan
hbm.xml, jauh lebih produktif dibandingkan menggunakan xml, kalau mau
lihat contoh2 hibernate annotation silahkan buka
project-template.googlecode.com download source codenya dan pelajari
gimana caranya bikin hibernate menggunakan annotation. Eh eh tunggu
dl, lha ini udah ada annotationya kenapa masih bikin hbm.xml ?

Relationship one to many proses insert ada urutanya, nggak bisa
dibalik2. Dari contoh kodenya class pasangan harus disimpen dulu baru
kelas TransMerried, tapi karena relationship di dalam transmerried ada
cascade.all, class Pasangan ga perlu disimpen dulu, tapiii karena
ID_PAS sepertinya nggak GeneratedValue, maka ID_PAS harus diisi dulu
sebelum disimpan, kalau masih null ya ketemu error itu

> @ManyToOne(fetch=FetchType.LAZY)
> @JoinColumn(name="ID_PAS", nullable=true)
> public Pasangan getPasangan() {
> return this.pasangan;
> }


regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: set View

2010-07-03 Terurut Topik Ifnu bima
> apa modelnya harus client-server,, si server buat kirimin data json, trus 
> clientnya ambil data jsonnya !!

ya, harus begitu modelnya. Nanti json dipanggil dari ajax, kalau
jquery begini kira2 :

$.json(urljson, function(data) {
   //json object diletakkan di variable data
});

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] javax comm untuk usb printer di linux mint

2010-07-02 Terurut Topik Ifnu bima
javax.comm itu dipake untuk koneksi ke serial port ya jelas ga bisa
konek ke usb, kalau usb pakenya javax.usb. paling gampang handle
printer ya langsung manggil printernya pake bash command dari java
Runtime.exec ga perlu repot ngurusin usb atau port

On Friday, July 2, 2010, adi_sa35  wrote:
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>   hi teman
>
> saya menggunakan javax comm di linux mint 8, untuk koneksi ke printer struk 
> epson (menggunakan /dev/parport0), masalah muncul untuk printer yg 
> menggunakan usb (selain untuk yg mengunakan usb jalan normal).
> pesan kesalahan yg muncul This port has not been opened yet,
>
> dicoba menggunakan port lain /dev/usb/lp0 (di cek  pake dmesg )
> malah sama sekali ga jalan
>
> saya coba echo "tesss" > /dev/usb/lp0  , printer jalan
> apa ada setting khusus untuk printer usb di linux mint 8 ?, saya menggunakan 
> device lain selain printer di centos dan belum menemui masalah ini
>
> TIA
>
>
>
>
>
>
>
> 
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

-- 

regards





Buktikan Anda peduli pendidikan Indonesia.
Dukung Kurikulum SMK berJava.. kirimkan surat resmi perusahaan dukungan ke 
moderator JUG. 
===

Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke 
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com.

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
jug-indonesia-dig...@yahoogroups.com 
jug-indonesia-fullfeatu...@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/



Re: [JUG-Indonesia] render pdf dengan flying saucer

2010-06-30 Terurut Topik Ifnu bima
pathnya gak pas harusnya images bukan image

On Thursday, July 1, 2010, adi_sa35  wrote:
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>   hai teman
>
> saya membuat versi pdf dari satu halaman web (capture content dan generate 
> pdf nya ) dengan flying saucer, pdf nya terbentuk nah yang jadi masalah 
> sekarang image yg berada di halaman web tersebut tidak muncul.
>
> image  menggunakan relative url =>  /image/foto/foto1.jpg , dari log nya 
> flying saucer tidak menemukan image yg dimaksud, folder image aslinya ada di 
> folder yg struktur folder nya seperti ini
> web
>-images
>-foto
>foto1.jpg
>-WEB-INF
>  pertanyaannya dimana seharusnya saya meletakan fotonya agar dapat dirender 
> di pdf nya ?
>
> makasih sebelumnya ...
>
>
>
>
>
>
>
> 
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

-- 

regards





Buktikan Anda peduli pendidikan Indonesia.
Dukung Kurikulum SMK berJava.. kirimkan surat resmi perusahaan dukungan ke 
moderator JUG. 
===

Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke 
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com.

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
jug-indonesia-dig...@yahoogroups.com 
jug-indonesia-fullfeatu...@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/



Re: [JUG-Indonesia] Ask PKI RSA Encryption, Decryption

2010-06-22 Terurut Topik Ifnu bima
> Thanks for you reply Sir.. :)
> sorry i didn't open my email since 3 days ago..
> Ok, now i know that the Symmetric Algorithm is more powerful than Asymmetric 
> Algorithm on the "Performance Side" (because it's fast).. :)

nggak hanya di sisi performance saja, tapi juga dari sisi besarnya
data yang bisa diencript rsa sangat terbatas. Menggunakan rsa key
dengan ukuran 1024 hanya bisa menekcrypt data dengan ukuran < 200byte.
Sun jce hanya bisa mengenerate rsa key sampai 2048, bouncycastle cuma
sampe 4096. Jadi kalau punya data dengan ukuran 1 kb udah susah banget
mengenkript menggunakan RSA.

> Mo tanya, apakah kita hanya menggunakan Symmetric Algorithm such as 3DES 
> (TripleDES) or AES is enough?, yes of course DES isn't used anymore.. :)

3DES dan AES pilihan yang cukup aman. Biasanya saya selalu menggunakan
AES dengan alasan performance.

> How is it compared to Asymmetric Cryptography?..

nggak bisa dicompare sih. Software encryption bisa 100x lebih cepat
symetric vs asymetric, harware encription bisa sampe 100.000x lebih
cepet.

> As you know maybe the number of bits used in the RSA key is more than bits 
> used in Symmetric Cryptography..
> Of course this makes the size of data encrypted is more than the plain data..

issue utamanya bukan di ukuran cipher text yang menggelembung, tapi di
sisi performance yang lambat dan maksimum ukuran data yang bisa
dienkript oleh asymetric key, secara teknikal melihat SunJCE dan
bouncycastle ya bukan secara teoritis.

> Sebenarnya saya memilih untuk mempertimbangkan menggunakan RSA karena RSA can 
> support the key size up to 2048 bits, dengan jumlah ini data bisa disimpan 
> tetap aman untuk waktu lebih dari 10 tahun, heheh,,, :)

Pikir-pikir lagi, berapa besar data yang akan diencrypt.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Deklarasi array Java

2010-06-22 Terurut Topik Ifnu bima
> udah coba pake vektor  blom??
> klo blom coba aja pake itu..

Jangan menggunakan vector lagi, class ini sudah deprecated, gunakan ArrayList

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Tanya Cara Bikin Keyboard Emulator

2010-06-22 Terurut Topik Ifnu bima
swing robot tester atau gui tester kl ga salah

On Tuesday, June 22, 2010, Niksen Harjanto  wrote:
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>   rekan2, gmana carranya bkin emulator penekanan tombol keyboard ya?
> Saya mo bikin tools kecil, katakanlah tools itu pengganti keyboard
> yang tugasnya cuma "ngetik" jam pada saat itu (tiap 15 detik sekali).
> Kursor keyboard bisa diletakan di program apa aja (notepad, word,
> command prompt, dll).
>
> gmana caranya ya?
> kalo ask paman gugel keywordnya apa?
>
>
>
>
>
>
> 
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

-- 

regards





Buktikan Anda peduli pendidikan Indonesia.
Dukung Kurikulum SMK berJava.. kirimkan surat resmi perusahaan dukungan ke 
moderator JUG. 
===

Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke 
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com.

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
jug-indonesia-dig...@yahoogroups.com 
jug-indonesia-fullfeatu...@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/



Re: [JUG-Indonesia] saran mengubah sistem supermarket dari vb/windows menjadi java/linux

2010-06-21 Terurut Topik Ifnu bima
> ini pengalaman pertama saya untuk mengubah sistem supermarket dari
> vb+sqlserver+windows menjadi java+mysql+linux.
>
> sistem yang ada meliputi pos, stock, accounting, dll.
>
> saya ingin meminta saran dari teman2 semua atau jika boleh
> pengalamannya, bagaimana caranya agar
> pengubahan sistem ini bisa berjalan dengan lancar, apa2 saja yang mesti
> saya lakukan di tahap awalnya.

belajar swing, JDBC dan mungkin Hibernate+Spring.

project-template.googlecode.com

di situ ada tutorial swing dan jdbc silahkan dipelajari. Kalau belajar
Swing harus sedikit diubah mindset datagridnya, karena di Swing gak
ada datagrid, alias table biasa saja yang harus diset manual untuk
ngisi datanya.

Untuk POS sebaiknya masih desktop. Untuk backoffice lebih enak
menggunakan web biar gak repot install-install aplikasinya.



--

regards


Re: [JUG-Indonesia] [OOT] bagaimana cara menghapus nomor baris dari source code?

2010-06-20 Terurut Topik Ifnu bima
> 3 import java.awt.FlowLayout;
> 4 import java.awt.event.ActionListener;
> 5 import java.awt.event.ActionEvent;

Bikin kode java untuk hapus awalan angka dan menuliskan hasilnya ke
file lain. Misalnya gini

/**
 *
 * @author ifnu
 */
public class Main {
public static void main(String[] args) throws
FileNotFoundException, IOException {
File fileInput = new File("source_code.txt");
File fileOutput = new File("source_code_bersih.txt");
BufferedReader reader = new BufferedReader(new FileReader(fileInput));
BufferedWriter writer = new BufferedWriter(new FileWriter(fileOutput));
String line = null;
while((line = reader.readLine())!=null){
if(line.length()>0 && Character.isDigit(line.charAt(0))){
for(int i=0;i

Re: [JUG-Indonesia] Ask PKI RSA Encryption, Decryption

2010-06-18 Terurut Topik Ifnu bima
> mantab penjelasannya Fer. jadi belajar nih gw :D
>
> kirim bajigur segelas.


kasih cendol sekulkas :D

Yang diterangkan ferdinand sebenernya sekaligus menjelaskan gimana
HTTPS bekerja ;)

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] 64 bit dan 32 bit

2010-06-18 Terurut Topik Ifnu bima
> Soalnya waktu gw pake sts yang 64 bit, eh ada instruksi bilang JVM lu versi 
> 32 nih.. mungkin bisa terjadi error, mo lanjut ga lo?
> Gw lanjutin ajah.. eh beneran ternyata STS gw ga bisa jalan..
> Abis gw donlot yang JVM 64 bit, baru dah jalan tuh STS.

STS pake Eclipse, eclipse pake SWT, SWT pake addon toolkit yang jalan
native. Jadi yang nggak jalan bukan javanya, tapi SWT

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Ask PKI RSA Encryption, Decryption

2010-06-18 Terurut Topik Ifnu bima
> A holds Private Key, and B holds Public Key
> Yang jadi pertanyaan saya, bagaimana jika A ingin melakukan Encrypt and 
> Verify, dan juga sebaliknya, bagaimana B dapat melakukan Decrypt and Sign?..

- Dekript tidak bisa dilakukan dengan public key
- Dekript hanya bisa dilakukan dengan private key

- Encript bisa dilakukan oleh public maupun private key
- Public key bisa digunakan untuk memferify data yang diencript dengan
private key
- Data yang dienkript dengan private key disebut digital signature

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Aplikasi Full Ajax, Konsep MVC masih Perlukah ??

2010-06-18 Terurut Topik Ifnu bima
> aku mau bikin aplikasi yang full ajax, jadi user membuka 1 halaman dan
> tidak akan pindah ke halaman yang lain
> (seperti aplikasi desktop ada form induk dan form anak).
> kemungkinan 80 % proses di lakukan oleh javascript (validasi,perhitungan
> dll).
> pertanyaannya adalah, dengan model aplikasi tersebut, penerapan konsep
> MVC masih perlukah??

Anggap saja file html dimana javascript berjalan itu sebagai view,
masih perlu controller di server dan model untuk kirim-kiriman data
antara javascript dan server. Km submit data yang diolah di javascript
gimana? call http get? hmm mungkin perlu belajar gimana caranya submit
json file menggunakan http post ;)

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] WTA newbie - "local resultset" di aplikasi web

2010-06-16 Terurut Topik Ifnu bima
>
> kalo di programming desktop, saya biasa pake array of array of object
> (Object[][]) untuk simpen data yang akan ditampilkan di JTable. Ntar
> kalo insert/edit/delete data dirubah di array itu. Baru waktu save ke
> database di convert jadi string XML trus dipassing ke SP database.

coba pake javascript UI seperti dojo toolkit, mootools atau bisa juga
pake GWT (gmail dan wave dibuat GWT). Kalau biasanya coding java
dengan swing toolkit, diubah menjadi coding javascript dengan ui
toolkit.



> Nah gmana si implementasiin model ginian di pemrograman web?
> Masalahnya di web kan ga ada tuh cara nyimpen data model "tabel row
> col" di RAM komputer client. Ada yang nyaranin pake tabel "temporary"
> di DB, ntar tiap ada insert/edit/delete diproses ke tabel "temporary"
> itu, trus nanti dihapus pada saat client melakukan save data.
> Masalhnya kalo transaksi client keputus di tengah, data di tabel itu
> bakalan tetep stay, ga akan kehapus.

Kalau temporary storage atau simpen state dari aplikasi web bisa
dilakukan di 2 tempat : di kode javascript yang jalan di browser atau
diletakkan di Session punya application Server :

HttpSession session = httpServletRequest.getSesssion();

trus nanti object yang mau disimpen diletakkan dalam session ini

session.setAttribute("session_key",data);

untuk dapatin object data ya tinggal panggil getAttribute dari
session. Kalau user ternyata keputus di tengah jalan, session akan
expire secara otomatis dijadwalkan oleh application server. Setting
berapa lama session bertahan bisa diset di web.xml


--

regards


Re: [JUG-Indonesia] WebCam di applet

2010-06-13 Terurut Topik Ifnu bima
> Gw mau coba jalanin web cam di applet menggunakan JMF.
> Kemudian muncul error
> javax.media.NoPlayerException: Error instantiating class: 
> com.sun.media.protocol.vfw.DataSource : java.lang.RuntimeException: No 
> permission to capture from applets
> at javax.media.Manager.createPlayerForContent(Manager.java:1362)
> at javax.media.Manager.createPlayer(Manager.java:417)
> at javax.media.Manager.createRealizedPlayer(Manager.java:553)
> Ada yang tahu kenapa?

ini karena permissionya gak dapet, biasanya ada popup untuk nanya user
apakah dikasi permission untuk mengkases ini apa nggak. Kalau gak
pengen ada popup, jar-nya harus disign menggunakan certificate.

Atau coba-coba jafafx?

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Opensource jadi commercial

2010-06-09 Terurut Topik Ifnu bima
> Misalkan project Hadoop dibeli suatu perusahaan untuk tujuan commercial, dah 
> pasti codebase-nya jadi milik si perusahaan yang beli donk.
> Nah trus orang2 yang udah pake Hadoop gak perlu bayar donk gara2 Hadoop 
> dibeli?

gak perlu selama pake versi yang masih opensource. Misalnya dibeli pas
versi 0.11, berarti versi itu ke bawah lisensinya opensource dan 0.11
keatas lisensinya jadi komersial. Tapi kalau apache license sih
ngapain dibeli, copy paste dan rebranding boleh kok. :D

> Trus karena itu source code tersebar, bisa/legal gak si kita bikin project 
> lain tapi forking dari Hadoop?

Nah inilah enaknya opensource. Java dibeli oracle mau diclose source,
tapi openJdk itu forknya java bisa hidup terus

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Lokasi JAva di Mac

2010-06-09 Terurut Topik Ifnu bima
> tools.jarnya gak ada yah

$ cd /System/Library/Frameworks/JavaVM.framework/Versions/1.6.0/Home/lib
$ touch tools.jar

there you go :D punya deh

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-05 Terurut Topik Ifnu bima
> ini pas check-out subversion dari project nya yg asli di google code 
> bang..ketika finish kluar error kek gitu..trus tak liat project nya ga bisa 
> di run (corrupt mungkin y)

Kalau itu masalahnya dengan googlecode kadang2 suka aneh responsenya.
Coba lagi aja.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-05 Terurut Topik Ifnu bima
oh ya barusan saya commit ada perbaikan bug :D

$ svn update

;) kalau ada bug lagi silahkan bikin issue di sini deh :

http://code.google.com/p/project-template/issues/list


-- 

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field [1 Attachment]

2010-06-05 Terurut Topik Ifnu bima
ahahah sory salah attach file


-- 

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field [1 Attachment]

2010-06-05 Terurut Topik Ifnu bima
ini screenshoot library punya saya.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-05 Terurut Topik Ifnu bima
java.lang.NoSuchMethodError: org.objectweb.asm.ClassWriter.(I)V
>
> maaf ya bang tanya nya banyak banget,,bener2 buta nih..

Lihat di library, ada 2 buah jar yang sama : cglib.jar. Di hibernate
library ada di spring library ada. Gunakan cglib dengan versi lebih
rendah, 2.1 kalau gak salah.  Gimana caranya? buka tools pilih
library, hapus cglib 2.2.jar dari librarynya spring.

Tapi harusnya sih cglib dari spring dah gak ada sih, soalnya kan udah
pake spring 2.5.6 kan?. Coba kasih lihat screenshoot librarynya.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: java semantic web service

2010-06-04 Terurut Topik Ifnu bima
> @athi septiani wrote :"saya ingin bertanya mengenai java semantic web service"

> @ifnu wrote :"Di awal thread ini nanya tentang semantic web, kok jadinya 
> webservice?"
> Yang ditanyakan semantic webservice gan,...

hmm, jadi antara istilah semantic web dengan web service ini kaitan
teorinya di mana ya? sematic web kan ingin mengetahui apapun di web
berdasar "konteks" sedangkan webservice itu ingin mengkespose
service/data yang ada di lokal ke dunia luar, agar lebih banyak fihak
yang bisa teringerkoneksi dan mendapatkan manfaatnya.

Jadi istilah semantic web service ini apa donk?


--

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-04 Terurut Topik Ifnu bima
> di bagian 
>
> itu gunanya buat apa y??

$ svn update

udah saya perbaiki itu bugnya

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-04 Terurut Topik Ifnu bima
> Hauhauhaa
> Nah loh nu…
> Gimana tuh…
> Aplikasi lu noh..

Coba pake maven di indo dengan koneksi gprs telkomsel, kita lihat
berapa lama mvn clean install selesai? :))

Setelah di spore project gw pake maven semua

http://code.google.com/p/kosongkosong
http://code.google.com/p/sharobi-portal

:D

--

regards





Buktikan Anda peduli pendidikan Indonesia.
Dukung Kurikulum SMK berJava.. kirimkan surat resmi perusahaan dukungan ke 
moderator JUG. 
===

Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke 
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com.

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
jug-indonesia-dig...@yahoogroups.com 
jug-indonesia-fullfeatu...@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
jug-indonesia-unsubscr...@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/



Re: [JUG-Indonesia] ASK : CONTEXT:COMPONENT-SCAN is not bound

2010-06-04 Terurut Topik Ifnu bima
> eh bang, class 
> org.springframework.remoting.support.SimpleHttpServerFactoryBean
>
> di library SPRING Framework 2.5 ga ada ya??

Adanya di spring 2.5.6 coba download dari sini :

http://mirrors.ibiblio.org/pub/mirrors/maven2/org/springframework/spring/2.5.6/spring-2.5.6.jar

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-03 Terurut Topik Ifnu bima
Dah dicommit projectnya, memang ada yang kurang di jar-nya, harus pake
Spring 2.5.6

$ svn update

trus lihat lagi wiki

http://code.google.com/p/project-template/wiki/DesktopPointOfSaleCheckoutRun

ada perubahan gimana cara jalanin aplikasi. Karena sekarang udah pake
three tier architecture makanya server harus jalan dulu baru
clientnya.


-- 

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-03 Terurut Topik Ifnu bima
> ok mas, tq so much,,mohon bimbinganna =)
>
> klo boleh tau id YM nya mas,hehe

Kalau nanya di email aja, biar yang lain ada manfaatnya ;).

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-03 Terurut Topik Ifnu bima
>
> library nya uda ada tuh mas yg spring 2.5
>
> bagian mn yg berpotensi error selain lib nya ya mas??
>
> kebetulan ini applikasi nya mas Ifnu,,yang POS mas..

Biasanya saya baik2 saja pas running, bentar dicek dulu deh :D lama
gak dijalanin tuh aplikasi.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-03 Terurut Topik Ifnu bima
> Exception in thread "main" 
> org.springframework.beans.factory.BeanCreationException: Error creating bean 
> with name 'cabangDao': Autowiring of fields failed; nested exception is 
> org.springframework.beans.factory.BeanCreationException: Could not autowire 
> field: protected org.hibernate.SessionFactory 
> com.artivisi.pos.dao.BaseDaoHibernate.sessionFactory; nested exception is 
> org.springframework.beans.factory.CannotLoadBeanClassException: Cannot find 
> class [org.springframework.remoting.support.SimpleHttpServerFactoryBean] for 
> bean with name 
> 'org.springframework.remoting.support.SimpleHttpServerFactoryBean#0' defined 
> in class path resource [serverContext.xml]; nested exception is 
> java.lang.ClassNotFoundException: 
> org.springframework.remoting.support.SimpleHttpServerFactoryBean


Kok pertanyaanya sama nih sama yang nanya sebelumnya? klonengan ya? :))

Ada jar yang ketinggalan sepertinya, ditandai dengan error : nested
exception is java.lang.ClassNotFoundException:
org.springframework.remoting.support.SimpleHttpServerFactoryBean.
Spring.jar sudah ada?


--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: java semantic web service

2010-06-03 Terurut Topik Ifnu bima
> untuk penjelasan sederhana nya bgaimana ya?? saya masih bgung soalnya.
> sederhana nya saya membuat web service menggunakan java mungkin hal2 yang 
> perlu diketahui adalah XML, WSDL, SOAP ya?
> yang pada intinya adalah pada saat web mengirim request kemudian di proses 
> dan feedbacknya berupa XML.
> tutorial nya apa ada??beserta contoh source code nya. sehingga saya bisa 
> langsung melihat wujud asli dari web service itu


Di awal thread ini nanya tentang semantic web, kok jadinya webservice?
apa hubunganya semantic web dengan web service ini ya?

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] ASK : Could not autowire field

2010-06-03 Terurut Topik Ifnu bima
'org.springframework.remoting.support.SimpleHttpServerFactoryBean#0'
defined in class path resource [serverContext.xml]; nested exception
is java.lang.ClassNotFoundException:
org.springframework.remoting.support.SimpleHttpServerFactoryBean

class ini gak ada :

org.springframework.remoting.support.SimpleHttpServerFactoryBean

Perlu nambah jar sepertinya. Kalau pake Spring 2.5 harusnya udah
termasuk ke dalam spring.jar

Coba dilihat lagi librarynya sudah lengkap apa belum.

--

regards


RE: Re: [JUG-Indonesia] Apache TIKA

2010-06-02 Terurut Topik ifnu
Proxynya harusnya gak susah-susah banged sih, asal gds-nya bisa dipanggil url 
lewat URL API punya java. 

Bikin website sederhana dan tampilkan halaman mirip halapan depan GDS, trus 
kalau user melakukan submission, tinggal rangkai query string + url gds di 
local. Kemudian panggil url tersebut menggunakan URL API atau commons http. 
Setelah url call return, tinggal pass lagi hasilnya ke client. 

Jadi proxy-nya nggak cuma network proxy, tapi kita bikin aplikasi kecil untuk 
manggil url gds dan mengembalikan halaman gds ke client, harusnya gak susah 
dilakukan, tinggal dicoba2 apakah url gds di local itu bisa dirangkai secara 
manual.
__
Sent from my www.pageflakes.com startpage


Re: [JUG-Indonesia] nambah baris table otomatis

2010-06-02 Terurut Topik Ifnu bima
> Mbak-n -Mas saya mau tanya gimana caranya nambah baris di Jtable Netbean biar 
> dinamis..

Perlu belajar table model nih.

http://www.java2s.com/Code/Java/Swing-JFC/TableModelExample.htm
http://java.sun.com/docs/books/tutorial/uiswing/components/table.html


--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Apache TIKA

2010-06-02 Terurut Topik Ifnu bima
paling gampang ya pake google desktop trus setiap orang tinggal buka
url untuk server sharingnya, beres ;)

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Cara Lexical analyzer in java

2010-05-31 Terurut Topik Ifnu bima
> uke mas... erna baca-baca dulu
> tapi nek misale itu di implementasikan nd netbean bisa gak mas??

Polanya sih: bikin antlr grammar dulu (file .g) kemudian generate
lexer dan parsernya menggunakan AntrlWork, ngetest apakah grammarnya
dah bener apa belum pake antrlworks.

setelah yakin grammarnya betul baru deh generate parser dan lexer dari
grammar, setelah itu file hasil generate dicopy ke netbeans.



--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Apache TIKA

2010-05-31 Terurut Topik Ifnu bima
> Teman-teman Juggers adayang punya experience dengan apache TIKA.  
> http://tika.apache.org/index.html
>
> saya kurang bisa mengikuti getting started nya
>
> tujuan nya untuk mengindex file di local file sharing server biar kalo 
> searching file bisa ngebut,..
> tq all.

Digunakan untuk desktop sendiri apa digunakan di server? kalau dipake
untuk desktop bisa lihat-lihat implementasi dari apache lucene di sini

http://wiki.apache.org/lucene-java/PoweredBy

Kalau untuk server sepertinya masalah utamanya adalah gimana caranya
membuat API yang bisa dipanggil dari aplikasi yang jalan di webserver.
Tika sendiri cuma semacam proxy facade untuk melakukan indexing
terhadap berbagai macam file, implementasi gimana cara indexing setiap
jenis file dilakukan oleh library berbeda-beda: nekohtml untuk html
file, poi untuk office, itext untuk pdf dan seterusnya. Input dari
tika adalah file dokumen dan outputnya adalah string, nah setelah
dioutput string text ini baru masuk ke dalam lucene untuk diindex
lebih lanjut.

Setelah dari tika diparsing dokumen menjadi text, kemudian diteruskan
ke lucene untuk diindex. Langkah berikutnya adalah membuat query
language untuk mendapatkan dokumen. Google mempunyai sintax query
language untuk menyempitkan pencarian, misalnya menggunakan tanda
petik atau menggunakan site: atau menggunakan sintaks lain. Nah
tantangan paling besar justru gimana cara mendefinisikan search query
ini kemudian menterjemahkanya ke dalam lucene query. Biasanya search
query language ini termasuk ke dalam DSL (Domain specific language)
terhadap dokumen yang diindex. Misalnya kalau di instansi pemerintahan
kan banyak kategori dokumen, jadi bisa dibuat query language seperti
ini misalnya "pembatalan keputusan type:SK" dimana SK diterjemahkan
sebagai jenis dokumen yang termasuk kategori Surat Keputusan . ;)

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Membersihkan Objek dan Varibale Pada saat tutup frame

2010-05-31 Terurut Topik Ifnu bima
> public class Cabang extends javax.swing.JInternalFrame {
>
> private cabangDao cabangDao = new cabangDao();

> public Cabang() {
> super("", true, true, true, true);
> initComponents();
> }

kode  private cabangDao cabangDao = new cabangDao(); ini yang bikin
error. Ganti ke

public class Cabang extends javax.swing.JInternalFrame {

private cabangDao cabangDao;

 public Cabang() {
 super("", true, true, true, true);
 cabangDao = new cabangDao();
 initComponents();
 }

Setiap kali dibuat object dari Class Cabang daonya dibikin ulang.

Kalau mau lihat pattern yang saya gunakan, silahkan checkout kode dari sini

svn checkout http://project-template.googlecode.com/svn/trunk/
project-template-read-only



--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Re: [Ask] Best practice java

2010-05-31 Terurut Topik Ifnu bima
> Buat yg bertanaya2 ini aplikasi seperti apa, ini buat optimize advertising di 
> adword, coz setiap hari campaigns yg running akan generate byk data report, 
> and aplikasi ini buat analyze and somehow 'learn' from the data, jadi bisa 
> optimize buat improve result and reduce cost.

Seberapa banyak kira-kira? datanya terstruktur apa plain text message
seperti html page? konsep 'learning from data'-nya gimana?


:D

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Cara Lexical analyzer in java

2010-05-31 Terurut Topik Ifnu bima
> di sisi lain saya pemula di javaini sangat penting banget untuk 
> penelitian saya..
> terima kasih

Saya dulu pake ANTLR untuk skripsi
(ifnubima.googlepages.com/skripsifull.pdf), baca bukunya yang bikin
antrl terrence parr, dapet bajak dari flazx.com "The Definitive ANTLR
Reference: Building Domain-Specific Languages"

Trus untuk develop antlr language pake Antrlworks:
http://www.antlr.org/works/index.html IDE ini bagus banged soalnya ada
feature debugging, jadi bisa set input apa yang mau diparsing trus
jalanin antlr grammar-nya baris per baris. Sangat membantu memahami
grammar dan antlr

Di netbeans ada plugin untuk antlr juga  :

http://www.antlr.org/wiki/display/ANTLR3/Integration+with+Development+Environments

Tapi belum pernah coba bisa jalan apa nggak

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Cara Lexical analyzer in java

2010-05-31 Terurut Topik Ifnu bima
> apa kalo dulu
> seperti Teori Bahasa dan Otomata ya?

Yup teori bahasa dan otomata (TBO) kuliah yang hanya dimengerti oleh
disonya dan the geek of the geek. Selama kuliah biasanya gw tidur
mulu, ga kebayang implementasi teori TBO ini gimana, setelah ngubeg2
skripsi 3 tahun baru deh ngerti kulit2nya :D

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] hibernate, karakter " di db tipe varchar

2010-05-31 Terurut Topik Ifnu bima
> saya coba print ke console hasilnya binding datanya uda benar. namaDepan = 
> joshua dan namaBelakang = (kosong) , tapi pas di save di db pakai hibernate 
> field namadepan terisi dengan joshua sedangkan namabelakang yang mestinya 
> kosong terisi dua buah petik tunggal..

Gimana lihat di databasenya? pake databasenya apa?

Kemungkinan perlakuan databasenya memang begitu, kalau ada string
kosong disimpan sebagai '', kalau misalnya string kosong diganti
menjadi null sebelum disimpan gimana hasilnya? sepertinya di database
tertentu tidak mengijinkan nilai string kosong "", bisanya null atau
setidaknya ada isinya, makanya disimpan sebagai '' (petik dua kali)

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] [Ask] Best practice java

2010-05-30 Terurut Topik Ifnu bima
> Kenapa database itu tidak bersifat object oriented?

karena menyimpan object graph itu bukan pekerjaan gampang. Kedua,
konsep OOP itu baru ngetrend dari tahun 90an keatas, sedangkan
kebutuhan bisnis akan data sudah berlangsung dari tahun 70an. Konsep
yang diadopsi software engineering untuk menyimpan data adalah Table
dan relasi, dimana sebenernya sudah sedikit menampilkan adanya Object
yaitu Table.


> Kalau database object oriented dan java OOP, tidak perlu ada ORM mapping 
> layer lagi kan?

nah ini perlu referensi dulu. Tergantung implementasinya.


--

regards


Re: [JUG-Indonesia] [Ask] Best practice java

2010-05-30 Terurut Topik Ifnu bima
> Nosql itu database server yang di memory bukan?

salah satunya begitu. Dilihat dari sisi storage, nosql bisa dibagi
menjadi dua : In memory dan Distributed file sistem. Berbeda dengan
RDBMS yang memisah2kan struktur data dalam table dan relasi, nosql
menggunakan setidaknya tiga jenis struktur data: key-value map,
document dan column-wise.

Silahkan baca selengkapnya di sini :

http://www.vineetgupta.com/2010/01/nosql-databases-part-1-landscape.html
http://horicky.blogspot.com/2009/11/nosql-patterns.html

Mengerti konsep dan penggunakan Nosql technology benar-benar bisa
membuat kita berfikir berbeda tentang performant application atau very
very large data. Masalah yang dulunya hanya bisa dipecahkan dengan
membeli hardware gajah, sekarang bisa dipecahkan dengan multiple small
server dalam satu lingkungan cluster ;).

Hibernate bisa juga berlaku sebagai in memory database dengan bantuan
chache, kita bisa mengeset beberapa atau malah semua table agar
dichache ke memory dengan bantuan second level cache, sangat membantu
proses optimisasi aplikasi kalau punya table-table yang sering dibaca
tapi jarang ditulis dan ukuran tablenya kecil. Seperti table produk
atau table user.


> Kalau pake nosql, apakah masih tetap pake hibernate ?

Sepertinya tidak bisa. datasource yang bisa dicover sama hibernate
adalah dbms dan xml. Belum ada nosql product yang bisa digunakan
hibernate sebagai datasource (CMIIW).

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] [ASK] TextArea LWUIT J2ME

2010-05-30 Terurut Topik Ifnu bima
> Dapat dilihat pada link berikut :
>
> http://student.eepis-its.edu/~triaditya/tanya/bug.jpg
> source code : http://student.eepis-its.edu/~triaditya/tanya/Test.java
> pada saat saya memasukkan String kedalam TextArea, tiba tiba muncul kotak 
> abu-abu dibawah softbutton.

tanya ke shai.al...@sun.com yang bikin LWUIT, dulu saya kalau mau nanya ke dia.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] belajar OOP java

2010-05-30 Terurut Topik Ifnu bima
>> saya ini belajar pemograman secara otodidak... sehingga dasarnya aja na 
>> tau. hehwhehehhe
>>
>> ada teman nyuruh saya belajar OOP di JAVA, ada yg tau apa tuh OOP JAVA dan 
>> cara belahjarnya gimana?

Dibaca semuanya ya link dari frans diatas, saya belajar OOP
berbulan-bulan baru bisa ngeh

http://pelangi01.multiply.com/journal/item/39

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] [OOT] Upgrade PC

2010-05-30 Terurut Topik Ifnu bima
> Di PC saya terinstal NetBeans 6.8 Under Win Win 7 Ultimate dengan angka 
> performance 3.2. Nilai ini sangat rendah. NetBeans 6.8 berjalan sangat lambat.
>
> Supaya sistem kencang saya berniat mengupgrade hardware ?

sudah yakin yang bermasalah di hardwarenya? apa netbeansnya sudah
dituning? misalnya menghindari menginstall semua modul, bisa dipilih
hanya modul tertentu saja yang diinstall. Sudah ditambah -J-Xmx900m di
netbans.conf?

> Mungkin rekan-rekan bisa merecomendasikan bagusnyanya bagaimana ?
>
> Adapun spesifikasi
> AMD Athlon 64 X2 5200+ 2.60 GHz
> Memori 2.5 Giga
> Mainboard onboard kartu grafis NVidia GeoForce 7050 PV/nForce 630a Chipset
> Sata HD 250

Spec laptop saya masih jauh lebih rendah dari diatas, dan netbeans 6.8
masih cukup kenceng jalanya, aplikasi yang saya bikin biasanya
aplikasi web dengan tomcat. Kalau develop aplikasi Java EE dengan
glassfish memang spec diatas sepertinya perlu sedikit diupgrade.

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] [Ask] Best practice java

2010-05-30 Terurut Topik Ifnu bima
Saran saya pake Spring untuk wiring all services, trus hibernate untuk
backendnya, quartz untuk scheduler dan Commons HTTP untuk manggil URL
Google API.

Setelah aplikasi jalan dengan baik secara logic dan perlu optimasi,
hibernate memegang peran besar, kalau aplikasinya dibaca secara
intensif bisa menggunakan chace untuk mengurahi hit ke database. kalau
aplikasinya mempunyai data besar dan tidak memungkinkan untuk dichache
ke memory, bisa coba-coba hibernate search, data dipindahkan ke lucene
index, sehingga kalau aplikasi luar hit query dilakukan di lucene
index sehingga databasenya tidak terlalu ngos-ngosan.

Kalau tujuan utamanya adalah kecepatan query terhadap data yang
ukuranya besar sekali, misalnya diatas beberapa puluh atau ratus juga
record dan pada dasarnya data cuma satu table, coba lirik-lirik solusi
nosql. :)

--

regards


Re: [JUG-Indonesia] Pertanyaan Newbie Tentang Looping For

2010-05-27 Terurut Topik Ifnu bima
> for (x=0; x bla bla bla
> }

Biasanya saya ga pernah kerja langsung dengan table.getRowCount(),
tapi dengan datamodel di belakang jTable. Misalnya mau membuat table
dari class Person, ya saya  bikin PersonTableModel, kemudian dari
tablemodel tersebut dipass ke table. Misalnya gini

public class Person{

  private String name;
  private String address;
  //getter setter
}

public class PersonTableModel extends AbstractTableModel{

   private List persons;

public PersonTableModel(List persons){
this.persons=persons;
}

public int getRowCount() {
return persons.size();
}
public int getColumnCount() {
return 2;
}
public Object getValueAt(int rowIndex, int columnIndex) {
Person p = persons.get(rowIndex);
switch(columnIndex){
case 0 : return p.getNama();
case 1 : return p.getAlamat();
default: return "";
}
}

}

Cara makenya :

List persons =  //ambil list persons dari database,
biasanya pake Hibernate;
PersonTableModel model = new PersonTableModel(persons);
jTable.setModel(model);

Nah dengan menggunakan model ini jTable.getRowCount() akan memanggil
PersonTableModel.getRowCount() dan pada akhirnya akan memanggil
List.size(), kalau kita lihat implementasinya List.size() sepertinya
aman memanggil getRowCount() berkali-kali tanpa ada penalti dari sisi
kecepatan.


--

regards


Re: [JUG-Indonesia] spring @component di validate class

2010-05-27 Terurut Topik Ifnu bima
 public class FormValidator {
private UserService userService;

public FormValidator(UserService userService){
   this.userService=userService;
}

 }

 @Controller
 public class FormController {
  �...@autowired private UserService userService;

 new FormValidator(userService).validate(x);
 }


--

regards


  1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   >