Nah, ini menarik dan bisa dijadikan thread baru!!

Apakah ejaan BAPAK dalam EYD (yang melanjutkan ejaan Suwandi) merupakan
ejaan yang tepat dan sempurna.? Kalau kita rajin membaca
terbitan-terbitan lama kata itu memang dieja BAPA kok!! Dan kalau
dibunyikan juga BAPA (tanpa bunyi K)!  Lain dengan kata BADAK, KATAK,
JITAK dll yang memang berbunyi akhir K, kata-kata seperti BAPAK, KAKAK,
NORAK dll yang tidak berbunyi akhir K sewaktu masih dieja dengan sistem
Van Hophuijsen dulu ditulis sebagai BAPA, KAKAK, dan NORA (tanpa akhiran
K sesuai dengan bunyinya).

Mengapa tiba-tiba Suwandi mengeja kata-kata yang tak berbunyi akhir K
itu menjadi BAPAK, KAKAK dan sebagainya??

Ada yang bisa menjelaskannya? Mohon petunjuknya.

Salam,

Erik

------------------------------------------------------------------------\
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, pozz...@... wrote:

> Dengan mengganti gantinya, itu merupakan tindskan ego arogansi manusia
bagi saya. Mis: kata bapak yang bahasa umum menjadi bapa untuk tuhan
yesus. Isa almasih menjadi jesus, bunda maria menjadi mary, menjadi siti
maryam. Semua itu bentuk arogansi ego manusia untuk membedakan, untuk
mengekslusifkannya..
> Sent from my BlackBerry?smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
Teruuusss...!

Kirim email ke