Jadi ingat cerita si ular putih yang baik di uber2 biksu fa hai.

Dari cerita itu siluman tidak selamanya jahat.

Jadi lah siluman ular  yang baik seperti pai su chen, dari pada jadi biksu
seperti fa hai yang tidak mengenal cinta kasih.

From: "Hariadi" <hariadi.tjahj...@yahoo.com>
Date: Mon, 05 Apr 2010 12:40:17
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Re: (Pro bung Poz) Imlek Agama atau Budaya?

Dear members,

ijinkan saya sumbang pendapat.

Kebetulan nama saya ada Liongnya, shio ular, dan beragama nasrani.
Secara chinese, memang Liong itu lambang keberanian, keperkasaan. Dijaman
doeloe, yg boleh pake nama Liong hanya kaisar. Sedangkan ular bagi chinese
adalah simbol kebijaksanaan.

Sedangkan secara kristiani (ada ayat2nya dialkitab), naga dan ular adalah
simbol dari iblis, setan. Dan dibudaya barat memang simbol dari kejahatan,
banyak cerita satria memerangi naga.

Buat saya not a problem, ini hanya perbedaan budaya. Gak ada yg bener atau
salah. Dibudaya barat, ortu dipanggil nama saja, di chinese bisa dimaki anak
puthau.
Dikebanyakan budaya, menjulurkan lidah itu penghinaan, dinepal (kalo gak salah)
itu penghormatan. Kita di indo boleh makan sapi, di India sapi itu suci dan
merupakan sesembahan, mereka gak makan sapi

so ini cuman perbedaan budaya, gak usah dibesar2kan.

salam,

hari

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, pozz...@... wrote:

> Kasih tau donk bro.. Kita kan disini buat share.. Bukan buat marah2..
> Teruuusss...!

Kirim email ke