> [...]
>parah dan TNI sepertinya bersikap masa bodo? Itu adalah suatu tindakan
untuk
>memberitahu : "Begini nih kalo Dwi Fungsi Dicabut !!! "
>- Kenapa sepertinya Habibie sebagai presiden tidak berdaya? Karena anda
>harus mengerti bahwa sebenarnnya militer di Indonesia itu berkuasa sekali,
>tidak sama seperti Australia atau negara2 maju lainnya. It stinks, tapi
>that's the truth. Makanya orang banyak yang mengharapkan Dwi Fungsi TNI
>dicabut.
>So in this point of time, orang yang paling berkuasa ya memang General

Saya setuju dengan analisis anda- dan bagaimana Indonesianya- Pada waktu
Juni 1998 rakyat Indonesia yang sudah menang dengan Soeharto dan dengan
ABRI - pada waktu itu rakyat Indonesia yang protest dan mengatakan - SUDAH
CUKUP - dan pada waktu itu rasanya Indonesia sudah akan mendapatkan
Domokrasi lewat sistem reformasi - tetapi ternyata rakyat Indonesia sekarang
masih sedang dalam perjuanagan untuk demokrasi - saat ini adalah masalah
TIMTIM - pulau kecil itu menjadi simbolism demokrasi seluruh Indonesia-
Kalau ABRI tidak menghormati demokrasi di TIMTIM - berarti demokrasi belum
berkuasa di Indonesia - Kalau demokrasi belum berkuasa di Indonesia -
berarti Indonesia masih di tangan ABRI dan rakyatnya belum menang -
Padahal Soeharti sudah di usir oleh rakyat
Padahal Megawati yang menang pada waktu pemilu -
Anda komplain tentang Pemerintah Australia - mengapa campur tangan - mungkin
pemerintah Australia mau mendukung rakyat Indonesia yang sudah sebenarnya
bebaskan diri dari tangan ABRI.
Walaupun pemilu umum sudah kemenangan Partia PDI Perjuangan - dimana ada
president yang mewakili pilihan kebanyakan orang Indonesia-
Apakah rakyat Indonesia perlu bantuan atau tidak? di sebut gombal, arrogant
dlsb - kalau membicarakan Unamet - itulah ada orang yang tahu sebelumnya -
kalau pergi ke TIMTIM bisa mati disana- mereka sudah tahu disitu bahaya-
mereka sudah tahu mereka bisa di tembak di jalan- mereka memberanikan diri
supaya mendukung orang TIMTIM - dan sambil mendukung TIMTIM mereka juga
mendukung prinsip demokrasi di Indonesia - prinsip nomor satu - kalau ada
pemilu - pasti ada yang kalah - orang yang kalah harus terima keputusan
pemilu dengan ikhlas - kalau tidak terima dan pemerintah tidak menjaga
keamanan - berarti tidak ada demokrasi
Sebenarnya - perjuangan orang TIMTIM adalah perjuangan rakyat Indonesia juga
Unamet membela anak2 mu Indonesia!
Kalau bagi saya , saya sendiri tidak takut atau mengkhuatirkan keadaan saya,
saya mengkhuatirkan keadaan anda di Indonesia, keluarga saya dan teman2
tersayang di Indonesia kalau ABRI tidak menerima dan menghargai demokrasi di
Indonesia
Saya tidak mengharapkan Australia dan UN bisa selamatkan TIMTIM - saya
harapkan rakyat Indonesia bisa realise itulah kemerdekaan dan demokrasi
rakyat Indonesia sendiri yang saat ini di challenge lagi oleh Gen. Wiranto
dan ABRI lewat khasus TIMTIM.

Bagaimana sekarang semua rakyat Indonesia yang protest di depan istana
Soeharto sampai dia mengalah - apakah anda setuju kalau Indonesia masih di
pimpin olehnya-
lewat Wiranto?

>|'rent-a-crowd' yg di-'orchestrated' oleh yg tidak diketauhi

Suami saya baru pulang dari Bandung, dia bilang setaip kali dia pergi ke
Jakarta ada protest oleh rakyat Indonesia tentang kekerasaan di TIMTIM -
mengapa kita tidak nonton itu setiap malam ? -pers dimana-mana saja ada
alasan sendiri - rakyat dimana mana lebih baik berkomunikasi berlangsung -
dan tukar pikiran - seperti kita sekarang - inilah adalah revolusi
komunikasi- kita bisa tukar pikiran dan terbitkan pendapat2 tanpa gangguan
pers dan bisa diskusi dengan bebas - tapi kita mesti siap melepaskan
nationalime dan menerima kemanusianism - kita sama sama manusia -  dan kita
sama sama berkomunikasi - saya berdoa supaya kita bisa saling mengerti dan
hormat dan akhirnya menjaga keamanan rakyat kita sama sama -
bagaimana pendapat rakyat Indonesia - apakah anda mau terima pimpinan Gen
Wiranto dan ABRI atau apakah anda mau rakyat kita mendukung hak memilih
anda?
Saya bicara  sebagai orang rakyat Australia - saya minta keterangan dari
anda - what do you want me to do? tutup mulut?

Saya setiap hari dimana- mana kalau ada orang mengkritik rakyat Indonesia
saya sendiri membelanya - pada waktu Rally East Timor di desa saya - saya
memberanikan diri dengan teman perempuan lain dan say membela rakyat
Indonesia -apakah anda mau saya berhenti membela kebenaran karena saya
dengan perbuatan itu kelihatan bercampur tangan atau karena saya arrogant?
Kalau saya diam - salah JUGA! apakah anda benci saya karena saya usahakan
setia sebagai temanmu?
Coba memikirkan - kadang2 tidak gampang menjadi teman buat anda-

> [...]
>dengan sikap skeptis seperti itu. Saya mengakui memang ada hal2 yang
>direkayasa oleh pemerintah saya (saya orang Indonesia juga). Namun apa yang
>dilakukan Australia dengan ingin mengirim pasukan ke Indonesia ataupun ikut
>mencampuri Ballot kemain, adalah bentuk intervensi yang terlalu dalam.
>Bahkan sekarang sudah menyiapkan tentara di Darwin.
>
>Kalau orang australia memang perduli terhadap orang Timor, kenapa harus
>menunggu 24 tahun??
>Why do you have to wait 24 years to grow a clear conscience?
>Why do you only act when it comes to your national security concern?

It is not because of national security concern that Australia is being
forced to consider leading an armed UN peace -keeping force  - it is because
the Australian people don't feel they can stand by and see innocent children
murdered anymore- also when Habibie signed the agreement to allow the UN to
hold the referendum he agreed to abide by the results- As the Indonesian
government has not been able to control its own army - it leaves the UN
including Australia in a very difficult situation- how to respond - serba
salah lagi -
seperti anda bilang - mengapa menunggu? - kalau menunggu - salah
kalau tidak menunggu dan kasih kesempatan buat pemerintah Indonesia untuk
membalas - salah juga

Kirim email ke