On 8/1/07, Tri Budi Lestyaningsih (Ning) <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Saya lama tidak baca milist. Ternyata ada moderasi buat mas Janoko dan
> mas Satriyo yang diperbincangkan di sini ya ? Tapi saya lihat kemarin
> sudah ada postingan dari beliau berdua ini, apa status beliau berdua
> sudah tidak moderated lagi ? Atau masih ?

Mbak Ning,

dimoderasi bukan berarti tidak boleh posting lagi,
tetapi semua postingnya menunggu persetujuan moderator sebelum diloloskan
dan disebarkan ke anggota lain. Kalau posting dari anggota yang dimoderasi itu
dianggap tidak menyalahi aturan ya diloloskan.

Tim moderator sedang mempertimbangkan mekanisme moderasi ini:
- selama seminggu pertama sanksi moderasi, semua posting yang
dimoderasi tidak diloloskan
- setelah itu posting perlu disetujui oleh moderator
- lamanya masa moderasi tergantung situasi dan pertimbangan tim moderator

Dan perlu diingat, bahwa moderator tidak seharian memandangi monitor
menyeleksi posting-posting yang sedang dimoderasi. Apalagi saya di
rumah banyak pemandangan :-)

> Anyway, setelah saya runut, saya missed larangannya moderator mengenai
> pembahasan Ahmadiyah itu lho. Yang saya ingat, ada beberapa anggota
> milist yang sering mengeluhkan MUI yang memfatwa sesat Ahmadiyah, ya
> pendeknya tidak suka bahwa Ahmadiyah dikatakan sesat. Dan mas Satriyo
> mempost email mengenai Ahmadiyah, saya rasa sebagai suatu cara untuk
> klarifikasi (tabayyun) agar duduk perkaranya menjadi jelas (jawaban
> mengapa MUI memfatwa sesat). Trus beliau dimoderasi. Apa benar begitu ?

Mbak Ning,
di milis yang ramai orang dengan segala kepentingan,
topik yang dibahas pun menjadi aneka rupa.
Secara berkala tim moderator mengingatkan,
atau menawarkan topik diskusi yang lebih sesuai dengan tujuan milis.
Salah satu topik yang selalu menyulut perdebatan tiada akhir adalah
debat antar mazhab, antar aliran, antar agama, dan juga politik.
Topik "Ahmadiyah" sudah pernah atau malah sering diperdebatkan di sini,
dan setiap kali pasti tidak akan ada penyelesaian, karena milis ini memang
bukan tempatnya.
Demikian pula sempat di milis ini ramai debat islam-kristen.

Topik2 tersebut sudah sering menimbulkan masalah,
dan selalu saja ada anggota yang sulit diingatkan dan berakibat dimoderasi,
demikian juga debat topik Ahmadiyah kali ini terpaksa tim moderator
menjatuhkan sanksi kepada Pak HMNA dan Bung MA Suryawan, dua orang yang
sangat gigih berdebat tentang ini. Pada saat itu kami telah menghimbau
agar topik tersebut tidak diteruskan, dan mengingatkan anggota2 yang
lain untuk tidak berbuat serupa.
Ternyata mas Satriyo/RSA tidak mengindahkan peringatan tersebut, dan
kami tidak punya
pilihan lain selain menegakkan aturan.

> Saya jangan dimoderasi karena pertanyaan di atas ya. Cuman supaya jelas
> aja ke depannya. Artinya kita tidak boleh ngobrolin tentang Ahmadiyah di
> milist ini kan ? Termasuk juga tidak usah lagi diperbincangkan atau
> dipertanyakan langkah MUI yang memfatwa sesat aliran tersebut. Yakin aja
> bahwa pasti ada reasonnya. Dan kalau ingin tahu lebih jelas, cari
> diskusi di milist lain. Betul begitu? Pls advise.
> BTW, milist apa ya yang ada diskusi mengenai Ahmadiyah atau
> aliran-aliran lain ? Saya ingin tau juga.

Silakan browse yahoogroups, google, internet directory,
banyak sekali pembahasan tentang "kesesatan" beraneka ragam agama dan paham.
Misalnya:
http://dmoz.org/Society/Religion_and_Spirituality/Opposing_Views/
Khusus tentang Ahmadiyah
http://dmoz.org/Society/Religion_and_Spirituality/Opposing_Views/Islam/Ahmadiyya/
Lebih umum tentang Islam keseluruhan
http://dmoz.org/Society/Religion_and_Spirituality/Opposing_Views/Islam/
ada ratusan situs di situ.
Kalau kita ada waktu ingin mempelajari "kesesatan" paham-paham lain,
tentunya kita bisa meluangkan waktu mengetahui "kesesatan" kita
sendiri di mata orang lain.
(Gajah di pelupuk mata?)
Kalau milis misalnya,
http://groups.yahoo.com/group/islam_liberal
adalah tempatnya pak HMNA (atau MQ?) mencurahkan segala pikirannya
untuk mengritik berbagai paham lain.
Dulu ada yang berinisiatif membuat milis debat
[EMAIL PROTECTED], eh malah sepi. Rupanya banyak yang lebih
suka "ndompleng" berdebat di milis lain seperti padhang-mbulan,
yisc_al-azhar, WM, dll yang sebenarnya tidak diperuntukkan untuk
perdebatan semacam itu.

salam,
DWS

> Terimakasih.